Khoiroh, Binti Khamidatul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SDN MANGGIS 2 PUNCU. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060114.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060114_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (198kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060114_0713078602_005076902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (513kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060114_0713078602_005076902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060114_0713078602_005076902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA-86206_2014060114_0713078602_005076902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060114_0713078602_005076902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060114_0713078602_005076902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (244kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060114_0713078602_005076902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Binti Khamidatul Khoiroh Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SDN Manggis 2 Puncu, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2024. Kata Kunci: ARIAS, bangun datar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap hasil belajar matematika siswa yang rendah diakibatkan tidak diterapkannya model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Hal tersebut nampak dari hasil belajar matematika siswa menurun dan rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Manggis 2 Puncu? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Manggis 2 Puncu? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Manggis 2 Puncu? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Kuasi Eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas IV A dan IV B SDN Manggis 2 Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 kelas yaitu 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen, dengan menggunakan perangkat pembelajaran dan soal berupa pre-test dan posttest. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Manggis akan tetapi hasil belajar siswa belum mencapai KKM dan belum maksimal, siswa mendapatkan nilai rata-rata 60 dan mean paired differences -10.800 (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Manggis, siswa mendapatkan hasil belajar yang meningkat dengan rata-rata 78 dan mean paired differences -26,000 (3) Ada perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Manggis 2 Puncu, selisih antara rata-rata hasil belajar siswa adalah -18,333 dan selisih perbedaan tersebut adalah -24,325 sampai -12,341.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARIAS,bangun datar, hasil belajar |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Binti Khamidatul Khoiroh |
Last Modified: | 13 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15076 |
Actions (login required)
View Item |