PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SIAR” MATERI SIKLUS AIR BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rahmawati, Azzahra Dhea (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SIAR” MATERI SIKLUS AIR BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060250.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060250_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060250_0719048206_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (770kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060250_0719048206_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060250_0719048206_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060250_0719048206_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060250_0719048206_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060250_0719048206_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (173kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060250_0719048206_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dari hasil penelitian awal di SDN 3 Betet yang menunjukkan bahwa guru belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Media yang digunakan yaitu berupa gambar. Dengan penggunaan media berupa gambar menyebabkan 57,14% siswa menyatakan belum mampu menyelesaikan soal-soal berkaitan tentang siklus air. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dapat diuraikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kevalidan pengembangan media pembelajaran “SIAR” siklus air berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V sekolah dasar? (2) bagaimanakah kepraktisan pengembangan media pembelajaran “SIAR” siklus air berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V sekolah dasar? serta (3) bagaimanakah keefektifan pengembangan media pembelajaran “SIAR” siklus air berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V sekolah dasar? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kevalidan pengembangan media pembelajaran “SIAR” siklus air berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) untuk mendeskripsikan kepraktisan pengembangan media pembelajaran “SIAR” siklus air berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V sekolah dasar, serta (3) untuk mendeskripsikan keefektifan pengembangan media pembelajaran “SIAR” siklus air berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Dalam penelitian ini, menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berbasis Augmented Reality dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan, dengan perolehan skor dari ahli media sebesar 87,5% dan 87,5% dari ahli materi, (2) media pembelajaran berbasis Augmented Reality dikategorikan sangat praktis dengan perolehan skor 95% dari angket guru dan 92,2% dari angket siswa, dan (3) media pembelajaran berbasis Augmented Reality efektif digunakan dalam pembelajaran, dengan perolehan nilai ketuntasan klasikal sebesar 86%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality sangat valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS materi siklus air.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media berbasis Augmented Reality, siklus air.
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Azzahra Dhea Rahmawati
Date Deposited: 13 Aug 2024 12:58
Last Modified: 13 Aug 2024 12:58
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14954

Actions (login required)

View Item View Item