PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KWACI (KWARTET CERITA INDONESIA) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI FAKTOR PENJAJAHAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Patmawati, Mita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KWACI (KWARTET CERITA INDONESIA) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI FAKTOR PENJAJAHAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060203.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060203_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (317kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060203_0713037304_0005016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (652kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060203_0713037304_0005016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060203_0713037304_0005016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060203_0713037304_0005016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060203_0713037304_0005016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060203_0713037304_0005016901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060203_0713037304_0005016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Mita Patmawati: Pengembangan Media Kartu KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) Pada Mata Pelajaran IPS Materi Faktor Penjajahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2024 Kata Kunci: media, kartu kwartet, pelajaran IPS Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa, masih terbatasnya dan kurang bervariatifnya media pembelajaran IPS khususnya pada materi faktor penjajahan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Selain itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran berlangsung sehingga kegiatan pembelajaran yang seharusnya student center berubah menjadi teacher center. Adapun peermasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kevalidan dari media Kartu KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) pada mata pelajaran IPS materi faktor penjajahan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar? 2) Bagaimana kepraktisan media Kartu KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) pada mata pelajaran IPS materi faktor penjajahan untuk siswa kelas V sekolah dasar?. 3) Bagaimana keefektifan media Kartu KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) pada mata pelajaran IPS materi faktor penjajahan untuk siswa kelas V sekolah dasar?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kevalidan media Kartu KWACI KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) pada mata pelajaran IPS materi faktor penjajahan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. 2) Untuk mengetahui kepraktisan media Kartu KWACI KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) pada mata pelajaran IPS materi faktor penjajahan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. 3) Untuk mengetahui keefektifan media Kartu KWACI KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) pada mata pelajaran IPS materi faktor penjajahan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode R&D (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu, uji coba terbatas yang dilakukan kepada 8 siswa serta uji coba luas yang dilaksanakan kepada 19 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang dijabarkan dengan analisis kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media Kartu KWACI dinyatakan valid, penilaian kevalidan dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan presentase kevalidan masing-masing 88% dan 96%. Presentase akumulatif kevalidan media ialah 92% sehingga media dikategorikan sangat valid. (2) Media Kartu KWACI dinyatakan praktis berdasarkan penilaian yang diperoleh dari angket respon guru dengan presentase 90%. (3) Media Kartu KWACI dinyatakan efektif berdasarkan uji skala terbatas dengan presentase sebesar 87,5% serta uji coba skala luas dengan presentase keefektifan sebesar 84,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media, kartu kwartet, pelajaran IPS
Subjects: 580 Humaniora social science > 618 History (history)
710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mita Patmawati
Last Modified: 12 Aug 2024 14:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item