MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ZIG-ZAG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUSTAFIDIN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI

Riski, Ainul (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ZIG-ZAG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUSTAFIDIN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_85201_19101090002.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_85201_19101090002_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_19101090002_0722098601_0723128103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (731kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_85201_19101090002_0722098601_0723128103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_85201_19101090002_0722098601_0723128103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_85201_19101090002_0722098601_0723128103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_85201_19101090002_0722098601_0723128103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_85201_19101090002_0722098601_0723128103_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_85201_19101090002_0722098601_0723128103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ainul Riski Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Melalui Metode Pembelajaran Zig-zag Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Kelas V MI Hidayatul Mustafidin Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Skripsi, PENJASKESREK, FIKS UN PGRI Kediri, 2024. Kata kunci: Pembelajaran, Menggiring, Zig-zag Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan pembelajaran olahraga khususnya olahraga sepakbola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil pengamatan bahwa kemampuan siswa dalam menggiring bola terbilang masih rendah terutama pada siswa kelas V putri, ini disebabkan karena kurang tertariknya siswa putri terhadap permainan sepakbola dan berimbas pada nilai yang masih kurang atau di bawah KKM. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran zig-zag dapat meningkatkan kemapuan menggiring bola dalam olahraga permainan sepak bola pada siswa MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Permasalahan ini perlu dipertimbangkan oleh guru PJOK untuk melakukan tindakan yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang akan dilakukan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: terdapat peningkatan keterampilan menggiring bola melalui metode pembelajaran zig-zag dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Hal ini dapat dibuktikan pada perbandingan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus dan siklus I mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70%. Kemudian pada perbandingan ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 29%. Jadi dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran zig-zag dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini diharapkan untuk: (1) Dijadikan masukan sebagai pembelajaran upaya meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa dan (2) Bahan referensi yang dapat menambah wawasan serta pengetahuan tentang model pembelajaran zig-zag dalam permainan sepakbola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ainul Riski Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Melalui Metode Pembelajaran Zig-zag Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Kelas V MI Hidayatul Mustafidin Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Skripsi, PENJASKESREK, FIKS UN PGRI Kediri, 2024. Kata kunci: Pembelajaran, Menggiring, Zig-zag Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan pembelajaran olahraga khususnya olahraga sepakbola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil pengamatan bahwa kemampuan siswa dalam menggiring bola terbilang masih rendah terutama pada siswa kelas V putri, ini disebabkan karena kurang tertariknya siswa putri terhadap permainan sepakbola dan berimbas pada nilai yang masih kurang atau di bawah KKM. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran zig-zag dapat meningkatkan kemapuan menggiring bola dalam olahraga permainan sepak bola pada siswa MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Permasalahan ini perlu dipertimbangkan oleh guru PJOK untuk melakukan tindakan yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang akan dilakukan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: terdapat peningkatan keterampilan menggiring bola melalui metode pembelajaran zig-zag dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Hal ini dapat dibuktikan pada perbandingan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus dan siklus I mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70%. Kemudian pada perbandingan ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 29%. Jadi dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran zig-zag dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini diharapkan untuk: (1) Dijadikan masukan sebagai pembelajaran upaya meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa dan (2) Bahan referensi yang dapat menambah wawasan serta pengetahuan tentang model pembelajaran zig-zag dalam permainan sepakbola.
Subjects: 710 Education science > 761 Physical education, health and recreation
710 Education science > 763 Sports and health education
710 Education science > 765 Sports science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ainul Riski
Date Deposited: 13 Aug 2024 13:15
Last Modified: 13 Aug 2024 13:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14889

Actions (login required)

View Item View Item