PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "NOBAR" MONOPOLI BANGUN RUANG MATERI BANGUN RUANG MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Putri, Rosy Pratiwi Ananda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "NOBAR" MONOPOLI BANGUN RUANG MATERI BANGUN RUANG MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060212.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060212_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060212_0705069001_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060212_0705069001_0721048003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060212_0705069001_0721048003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060212_0705069001_0721048003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060212_0705069001_0721048003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060212_0705069001_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (423kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060212_0705069001_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas VI pada materi Bangun Ruang. Kesenjangan tersebut disebabkan karena belum adanya media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi. Sehingga, siswa kurang minat untuk mengikuti pembelajaran materi bangun ruang ini. Permasalahan yang terdapat dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana Kevalidan Media Pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang Materi Bangun Ruang Matematika Kelas VI Sekolah Dasar? (2) Bagaimana Kepraktisan Media Pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang Materi Bangun Ruang Matematika Kelas VI Sekolah Dasar? (3) Bagaimana Keefektifan Media Pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang Materi Bangun Ruang Matematika Kelas VI Sekolah Dasar? Tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk mengetahui (1) Kevalidan Media Pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang Materi Bangun Ruang Matematika Kelas VI Sekolah Dasar (2) Kepraktisan Media Pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang Materi Bangun Ruang Matematika Kelas VI Sekolah Dasar (3) Keefektifan Media Pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang Materi Bangun Ruang Matematika Kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseacrh and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siwa kelas VI SD Negeri Paron Kabupaten Nganjuk. Terdapat dua desain uji coba yang dilakukan, yaitu uji coba terbatas pada 8 siswa dan uji coba luas pada 24 siswa. Kesimpulan yang didapat dari penelitian pengembangan ini yaitu (1) Media pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang materi bangun ruang matematika kelas VI dinyatakan valid setelah melalui tahap validasi kepada ahli materi dengan skor 90% dan ahli media dengan skor 84% maka diperoleh skor rata-rata 87%. (2) Media pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang materi bangun ruang matematika kelas VI dinyatakan praktis setelah melalui tahap penilaian kepada guru dengan skor 96% dan siswa kelas VI dengan skor 93%, diperoleh skor rata-rata sebesar 94,5%. (3) Media pembelajaran “NOBAR” Monopoli Bangun Ruang materi bangun ruang matematika kelas VI dinyatakan efektif berdasarkan penilaian evaluasi pada uji coba luas dengan nilai rata-rata 96 dan ketuntasan klasikal 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Monopoli, Bangun Ruang
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rosy Pratiwi Ananda Putri
Last Modified: 13 Aug 2024 15:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14840

Actions (login required)

View Item View Item