PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PIKTOGRAM (DIGA) PADA MATERI PIKTOGRAM SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2 KOTA KEDIRI

Febriana, Diah Dwi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PIKTOGRAM (DIGA) PADA MATERI PIKTOGRAM SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060208.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060208_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (443kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060208_0724077901_0713037304_01_front_ref..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (891kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060208_0724077901_0713037304_02..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060208_0724077901_0713037304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060208_0724077901_0713037304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060208_0724077901_0713037304_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060208_0724077901_0713037304_06_ref..pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060208_0724077901_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri pada pembelajaran matematika materi piktogram, bahwa dalam pembelajaran guru hanya mengandalkan media pembelajaran PPT. Hal ini membuat siswa mudah bosan dan kurang tertarik pada materi yang dijelaskan. Proses pembelajaran matematika di kelas IV cenderung kurang maksimal. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran video piktogram (DIGA) pada materi piktogram siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri. (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran video piktogram (DIGA). (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi piktogram. Piktogram merupakan salah satu materi yang terdapat pada pembelajaran matematikas kelas IV. Penggunaan media pada pembelajaran ini sangat membantu. Media adalah sarana penyalur pesan atau informasi belajar yang ingin disampaikan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran video animasi yang akan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran video animasi terdapat gambar animasi, backsound, dan dubbing. Model pengembangan dalam pennelitian ini menggunakan Reseacrh and Develoment (R&D). Metode ADDIE adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu serta menguji keefektifan produk tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelaajaran matematika berupa video animasi sehingga dapat digunakan dalam menunjang jalannya kegiatan proses pembelajaran disekolah. Materi dalam media ini adalah piktogram yang di ajarkan kepada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil (1) hasil validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli praktisi dan dinyatakan valid dengan hasil rata-rata tersebut yaitu 87% yang termasuk kriteria kevalidan yang sangat valid dan layak digunakan (2) hasil angket respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran video animasi 96% yang termasuk kriteria kepraktisan sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran (3) keefektifan berdasarkan soal pre-test dan soal post-test uji luas dengan presentase ketuntasan 30% dan 85%, selanjutnya dihitung peningkatan dari presentase pre-test dan post-test yaitu 55% sehingga dapat ditari kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran video animasi. Pengembangan media pembelajaran video animasi sangat efektif digunakan dalam roses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Diah Dwi Febriana
Date Deposited: 13 Aug 2024 13:53
Last Modified: 13 Aug 2024 13:53
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14794

Actions (login required)

View Item View Item