Zulfaida, Ana Shofia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI SEJARAH BERDIRINYA KERAJAAN PANJALU MATERI IPS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN MOJOROTO 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060267.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060267_0713078602_0005076902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060267_0713078602_0005076902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060267_0713078602_0005076902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060267_0713078602_0005076902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060267_0713078602_0005076902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060267_0713078602_0005076902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060267_0713078602_0005076902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060267_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
Abstract
bahwa media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi kurang membantu peserta didik dalam memahami materi. Dalam menyampaikan materi guru menggunakan buku pegangan Siswa. Hal ini membuat peserta didik kurang tertarik dalam membaca materi yang ada dalam buku pegangan siswa, dikarenakan materi yang cukup panjang dan hanya berwarna putih hitam saja. Selain itu kurang tertariknya peserta didik juga membuat peserta didik menimbulkan kesulitan dalam memahami materi Sejarah Kerajaan Panjalu pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran buku cerita bergambar digital materi Sejarah Kerajaan Panjalu kelas 4 di SDN Mojoroto 4 (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran buku cerita bergambar digital materi Sejarah Kerajaan Panjalu kelas 4 di SDN Mojoroto 4 (3) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran buku cerita bergambar digital materi Sejarah Kerajaan Panjalu kelas 4 di SDN Mojoroto 4. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model ADDIE. Adapun tahapan yang digunakan yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan kuisioner. Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas 4 SDN Mojoroto 4 yang berjumlah 28 peserta didik.Teknik analisis data diperoleh dari hasil uji kevalidan, ahli uji kepraktisan guru dan peserta didik serta keefektifan diperoleh dari hasil posttes. Hasil yang diperoleh bahwa media pembelajaran buku cerita bergambar digital mendapatkan persentase kevalidan 96,6% dari ahli media dengan kategori sangat valid, kemudian mendapatkan persentase dari ahli materi 80% dengan kategori valid, dan uji kepraktisan dari ahli pembelajaran 80% dengan kategori praktis serta 90,95% melalui respon peserta didik. Berdasarkan uji keefektifan produk yang dilakukan bahwa adanya peningkatan diatas KKM sejumlah 20 peserta didik dari 21 peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan persentase 95,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku cerita bergambar digital dinyatakan valid, praktis, efektif dan bisa digunakan guru dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, media buku cerita bergambar digital |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ana Shofia Zulfaida |
Last Modified: | 13 Aug 2024 14:15 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14703 |
Actions (login required)
View Item |