PREFERENSI KONSUMEN MUDA PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

ANDANI, MERRY (2024) PREFERENSI KONSUMEN MUDA PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text
RAMA_61201_2012010182.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2012010182.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2012010182_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (778kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2012010182_0014057501_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (592kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2012010182_0014057501_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2012010182_0014057501_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2012010182_0014057501_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2012010182_0014057501_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2012010182_0014057501_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (422kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2012010182_0014057501_0723117802_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pendalaman informasi oleh peneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan pada marketplace Shopee. Shopee adalah marketplace yang paling banyak diminati dikalangan para remaja. Pertanyaan masalah pada penelitian yaitu apa saja faktor yang membentuk preferensi konsumen muda dalam perilaku pembelian pada marketplace Shopee. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan pemahaman mendalam tentang faktor – faktor pembentuk preferensi konsumen muda dalam perilaku pembelian pada marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang didasari dari pengalaman yang dialami individu. Melalui pendekatan fenomenologi memungkinkan peneliti untuk mengungkapkan faktor dari preferensi konsumen muda pada marketplace Shopee. Penelitian ini hanya akan difokuskan pada “Preferensi Konsumen Muda pada Marketplace Shopee” yang objek utamanya merupakan mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan rentang usia 20–24 tahun yang memiliki member Platinum. Hasil pada penelitian ini adalah, (1) Harga merupakan salah satu dimensi yang berpengaruh pada kecenderungan konsumen pada marketplace Shopee. (2) Tangible tidak berpengaruh dalam kecenderungan konsumen pada marketplace Shopee. (3) Kualitas layanan pada marketplace Shopee menjadi salah satu dimensi yang menjadi faktor dalam kecenderungan konsumen. (4) Konsumen memiliki ketertarikan tersendiri mengenai brand yang mereka minati pada marketplace Shopee yang membuat konsumen cenderung membeli brand pilihan mereka di marketplace Shopee. (5) Informan merasa bahwa pada marketplace Shopee memiliki pelayanan dan kualitas produk yang berbeda dengan marketplace lain. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hanya pada dimensi harga, brand, quality of service dan quality of producs yang merupakan faktor – faktor pembentuk preferensi konsumen muda dalam perilaku pembelian pada marketplace Shopee sebagai platform belanja mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Konsumen, Kecenderungan Konsumen, Marketplace Shopee
Subjects: 550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Merry Andani
Last Modified: 07 Aug 2024 14:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14488

Actions (login required)

View Item View Item