PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMONE BERBANTUAN QR CODE PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN GAYAM 3

Firnanda, Fira Afilia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMONE BERBANTUAN QR CODE PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN GAYAM 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060226.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060226_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060226_0730098803_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (881kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060226_0730098803_0719109101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060226_0730098803_0719109101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060226_0730098803_0719109101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060226_0730098803_0719109101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060226_0730098803_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (311kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060226_0730098803_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fira Afilia Firnanda, 2024 Pengembangan Media Pembelajaran Permone Berbantuan QR Code Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV SDN Gayam 3. Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI KEDIRI. Kata Kunci : Media Pembelajaran, IPA, Permainan monopoli, QR Code Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas IV SDN Gayam 3, ditemukan beberapa permasalahan bahwa 1) siswa tidak fokus dalam memahami penjelasan dari guru sehingga pembelajaran kurang efektif dan optimal, 2) media pembelajaran hanya mengandalkan gambar dari buku paket, dan terkadang hanya mengambil video dari youtube. Hal ini membuat siswa kurang tertarik dan kurang memperhatikan saat proses pembelajaran IPA khususnya materi bagian-bagian tumbuhan. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengetahui kevalidan media pembelajaran permainan monopoli edukasi (Permone) berbantuan QR Code pada materi bagian-bagian tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN Gayam 3?; 2) Bagaimana mengetahui kepraktisan media pembelajaran permainan monopoli edukasi (Permone) berbantuan QR Code pada materi bagian-bagian tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN Gayam 3?; 3) Bagaimana mengetahui keefektifan media pembelajaran permainan monopoli edukasi (Permone) berbantuan QR Code pada materi bagian-bagian tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN Gayam 3? Tujuan dikembangkannya media pembelajaran permainan monopoli edukasi (Permone) berbantuan QR Code yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media ini pada materi bagian-bagian tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN Gayam 3. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa, soal posttest. Teknik analisis data menggunakan cara analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru, siswa. Hasil dari pengembangan media ini menunjukkan 1) kevalidan dari hasil persentase rata-rata ahli media dan ahli materi dengan persentase 90% (Sangat valid), 2) kepraktisan, dilihat dari uji coba terbatas terdiri atas angket respon guru 96% (Sangat Praktis) dan angket respon siswa 93,75% (Sangat Praktis), sedangkan uji coba luas pada angket respon guru 96% (Sangat Praktis) dan respon siswa 96% (Sangat Praktis), 3) keefektifan, uji coba terbatas mendapatkan hasil persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5 %, sedangkan pada uji coba luas persentase ketuntasan klasikal adalah 90 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Permone berbantuan QR Code pada materi bagian-bagian tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN Gayam 3 dapat dinyatakan sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis digunakan dalam mendukung proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, IPA, Permainan monopoli, QR Code
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fira Afilia Firnanda
Last Modified: 07 Aug 2024 05:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item View Item