PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI CERITA RAKYAT SISWA KELAS IV SDN TIRON 4 KABUPATEN KEDIRI

Safitri, Rika Nur (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI CERITA RAKYAT SISWA KELAS IV SDN TIRON 4 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060157.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060157_0705069001_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (415kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060157_0705069001_0721048003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060157_0705069001_0721048003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060157_0705069001_0721048003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060157_0705069001_0721048003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060157_0705069001_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060157_0705069001_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060157_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah di kelas dimana siswa memiliki minat baca yang rendah. Selain itu, literatur dan pengetahuan siswa tentang daerahnya sendiri yaitu Kediri juga kurang. Hal ini disebabkan oleh buku bacaan terkait cerita rakyat daerah kediri sangat kurang sehingga siswa tidak memiliki akses untuk mempelajari cerita rakyat daerahnya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal ini pada materi tokoh dan penokohan di kelas IV SDN Tiron 4. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal pada materi cerita rakyat di kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analisis, design, develop, implement, and evaluate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tiron 4. Penelitian ini dilaksanakan dalam 5 tahap sesuai dengan metode yang digunakan, yaitu analisis dengan melakukan observasi di sekolah subjek penelitian. Design dengan merancang materi dan media sesuai dengan kebutuhan. Develop atau pengembangan dengan melakukan perbaikan sesuai dengan arahan dan saran dari pihak-pihat tertentu yang telah ditentukan. Implement dengan menggunakan media pada subjek penelitian untuk memperoleh data hasil penelitian. Sedangkan pada tahap evaluate dilakukan pada akhir setiap langkah sebelumnya untuk memperoleh kritik dan saran perbaikan dari media pembelajaran yang dibuat dan mengevaluasi pula hasil penelitian yang telah disimpulkan. Hasil penelitian ini adalah (1) multimedia interaktif dinyatakan sangat valid dengan perolehan rata-rata penilaian 94,6% yang dilakukanoleh ahli materi dan ahli media. (2) multimedia interaktif dinyatakan sangat praktis dengan hasil penilaian rata-rata angket respon guru dan angket respon siswa adalah 90,5%. (3) multimedia interaktif dinilai sangat efektif dengan hasil ketuntasan klasikal siswa adalah 80% pada uji terbatas dan 83% pada uji luas. Berdasarkan hasil di atas simpulannya adalah multimedia interaktif yang dikembangkan menggunakan model ADDIE dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Hasil tersebut diperoleh dari penilaian angket ahli materi dan ahli media untuk uji kevalidan, penilaian angket respon guru dan siswa untuk uji kepraktisan, dan penilaian hasil evaluasi siswa terbatas dan luas untuk uji keefektifan. Kata Kunci : pengembangan, multimedia interaktif, cerita rakyat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia interaktif, cerita rakyat
Subjects: 710 Education science > 740 Language and literature education science
710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 748 Javanese language (and literature) education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rika Nur Safitri
Last Modified: 07 Aug 2024 00:09
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14420

Actions (login required)

View Item View Item