Sugianti, Wiwis (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KURIKULUM MERDEKA DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN KELAS VII DI MTS TERPADU DARUN NAJAH KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_87203_18101040023.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_87203_18101040023_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_18101040023_0023086809_ 0006016701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_87203_18101040023_0023086809_ 0006016701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_87203_18101040023_0023086809_ 0006016701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_87203_18101040023_0023086809_ 0006016701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_87203_18101040023_0023086809_ 0006016701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_87203_18101040023_0023086809_ 0006016701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_87203_18101040023_0023086809_ 0006016701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan mengembangkan potensi siswa.Pendidikan di Indonesia mengalami beberapa kali perubahan kurikulum dengan tujuan penyempurnaan. Keunggulan Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran jauh lebih relevan dan interaktif. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka banyak diterapkan di sekolah, salah satunya MTs Terpadu Darun Najah Kediri. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, diketahui bahwa guru sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Meskipun banyak dampak positif, penerapan Kurikulum Merdeka masih ada beberapa kekurangan, seperti siswa masih banyak yang belum memahami Kurikulum Merdeka sehingga para siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran disekolah dan berdampak juga pada hasil belajar siswa yang menurun. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengetahui peran modul pembelajaran, hasil belajar, keaktifan, dan pemahaman siswa setelah diterapkan modul pembelajaran, serta mengetahui peran modul pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan hasil belajar, keaktifan belajar dan pemahaman belajar siswa kelas VII di MTS Terpadu Darun Najah Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mata pelajaran IPS materi Letak Geografi Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Adapun prosentase siswa yang mendapat nilai di atas KKM dari pra siklus sebesar 13,33%, siklus I 20%, siklus II 30%, dan siklus III 60%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul ajar, kurikulum merdeka, hasil belajar |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 710 Education science > 723 Economic education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Wiwis Sugianti |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:19 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14366 |
Actions (login required)
View Item |