Jannah, Silvie Roikhatul (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK BERBASIS LITERASI NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR NEGERI 3 WATUDANDANG KABUPATEN NGANJUK DALAM MENDUKUNG PRORAM MBKM. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_85201_2015030019.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_85201_2015030019_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (364kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_2015030019_0703098802_0727078804_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (334kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_85201_2015030019_0703098802_0727078804_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_85201_2015030019_0703098802_0727078804_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_85201_2015030019_0703098802_0727078804_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_85201_2015030019_0703098802_0727078804_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_85201_2015030019_0703098802_0727078804_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (88kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_85201_2015030019_0703098802_0727078804_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Silvie Roikhatul Jannah Pengembangan Permainan Tradisional Engklek Berbasis Literasi dan Numerasi Untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar Negeri 3 Watudandang Dalam Mendukung Program MBKM, Skripsi, PENJASKESREK, FIKS UN PGRI Kediri, 2024. Kata kunci: Permainan tradisional engklek berbasis literasi dan numerasi, gerak lokomotor. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penerapan materi permainan tradisional pada Seklah Dasar Negeri 3 Watudandang belum menggunakan media apapun khususnya pada permainan tradisional engklek. Peneliti telah mengamati bahwa siswa kelas atas juga kurang terampil dalam melaksanakan gerak lokomotor, maka dari itu peneliti mengembangngkan permainan tradisional engklek berbasis literasi dan numerasi yang didalamnya terdapat beberapa konsep gerak lokomotor, yaitu melompat dan berlari. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pengembangan permainan tradisional engklek berbasis literasi numerasi untuk meningkatkan gerak lokomoto iswa kelas atas? (2) Bagaimana tingkat kelayakan permainan tradisional engklek berbasis literasi numerasiuntuk meningkatkan gerak lokomotor siswa kelas atas? (3) Bagaimana tingkat keefektifan permainan tradisional engklek berbasis literasi numerasi untuk meningkatkan gerak lokomotor siswa kelas atas? Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (r&d) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yaitu analys (analisis) design (perencanaan) development (pengembangan) implement (implementasi) dan evaluate(evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri 3 Watudandang yaitu kelas IV dan V. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) persentase hasil penilaian dari ahli materi adalah sebesar 100% dengan kategori sangat efektif untuk digunakan pada penerapan permainan tradisional engklek berbasis literasi numerasi. (2) persentase hasil penilaian ahli media adalah sebesar 100% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan pada siswa kelas atas pada peningjatan gerak lokomotor. (3) persentase hasil penilaian dari siswa adalah sebesar 85% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan pada siswa kelas atas dalam peningkatan gerak lokomotor. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) tujuan dari pengembangan permainan tradisional engklek berbasis literasi dan numerasi adalah untuk meningkatkan gerak lokomotor siswa. (2) guru diharapkan untuk terus meneliti perkembangn siswa terutama pada karakteristik siswa untuk membuktikan apakah permainan tradisional engklek berbasis literasi numerasi dapat meningkatkan gerak lokomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan tradisional engklek berbasis literasi dan numerasi, gerak lokomotor. |
Subjects: | 340 Health sciences > 350 General health science 340 Health sciences > 361 Sports science 710 Education science > 760 Sports and health education education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Silvie Roikatul Jannah |
Last Modified: | 05 Aug 2024 17:03 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14301 |
Actions (login required)
View Item |