ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDUSTRI SEPATU ORTINS NAMASTE ART KABUPATEN KEDIRI

Bisri, Rohmat Khasan (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDUSTRI SEPATU ORTINS NAMASTE ART KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2012010229.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2012010229_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (917kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2012010229_0721058605_0715127402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (779kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2012010229_0721058605_0715127402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2012010229_0721058605_0715127402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2012010229_0721058605_0715127402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2012010229_0721058605_0715127402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2012010229_0721058605_0715127402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2012010229_0721058605_0715127402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Strategi Pemasaran sebagai upaya peningkatan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) industri sepatu Ortins Namaste Art Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti memperoleh informasi melalui kegiatan observasi di tempat usaha dan wawancara dengan 4 informan yaitu pemilik, dan karyawan, serta 2 konsumen dari industri sepatu seni ortins namaste. Hasil dari penelitian ini adalah UMKM Ortins Namaste Art telah melaksanakan strategi bauran pemasaran 4P, dimana produk dibuat dengan handmade yang dapat di reques sesuai keinginan konsumen UMKM ini juga mengutamakan kualitas baik dari bahan maupun pengerjaan, dan produk dapat di servive back ke pengrajin. Dari segi harga memang cukup mahal, namun seimbang dengan yang didapatkan konsumen, yaitu produk yang berkualitas dan tahan lama. Dan dari segi tempat, ada kelemahan karena berada di gang dan tanpa plang identitas, namun UMKM Ortins Namaste Art sudah mendaftarkan lokasinya di google maps. Dan untuk promosi, masih belum menerapkan teknologi digital secara optimal, namun UMKM ini bekerja sama dengan para sales untuk memasarkan produknya. UMKM ini berupaya melakukan inovasi dengan selalu mengikuti tren yang ada, memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen dengan sistem pesan offline di tempat pengrajin dan disertai dalam memilih model, hal ini dimaksudkan agar pilihan konsumen benar-benar terbaik dan berkualitas. Sehingga membuat UMKM tersebut memiliki nilai unggul dibandingkan kompetitor lainnya. Dan sistem penjualan hanya melayani lokasi pengrajin dan dibantu oleh sales untuk menawarkan produknya kepada konsumen. Dengan berbagai keunggulan tersebut, masih ada beberapa aspek yang kurang sehingga membuat strategi dalam meningkatkan daya saing UMKM Ortins Namaste Art Kabupaten Kediri belum maksimal. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan informasi di bidang strategi pemasaran khususnya bagi UMKM pengrajin sepatu. Dan penelitian ini merupakan tambahan wawasan tentang khazanah Ilmu Ekonomi di bidang pemasaran guna daya saing yang lebih baik. Bagi Pemilik UMKM industri ini diharapkan mampu memberikan manfaat berupa cara dan informasi terkait strategi bersaing yang akan dilaksanakan UMKM tersebut. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Daya Saing, Bauran Pemasaran 4P

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Daya Saing, Bauran Pemasaran 4P
Subjects: 550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Rohmat Khasan Bisri
Last Modified: 30 Jul 2024 01:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item