Tikasari, Heni and LAILA, ALFI and PRIMASATYA, NURITA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN RANGKAIAN LISTRIK SERI DAN PARALEL KELAS V DI SDN 1 BANARANWETAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_19101100110.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100110_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100110_0708087703_0722039001_01_from_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (992kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100110_0708087703_0722039001_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100110_0708087703_0722039001_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100110_0708087703_0722039001_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100110_0708087703_0722039001_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100110_0708087703_0722039001_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (127kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100110_0708087703_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Heni Tikasari : Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft Sway Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Komponen Rangkaian Listrik Seri dan Paralel Siswa Kelas V SDN 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2023. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Microsoft Sway, Rangkaian Listrik Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi peneliti bahwa pada mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik pada siswa kelas V SDN 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk belum berjalan efektif. Hal ini dikarenakan minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru pada saat proses belajar mengajar, sehingga proses belajar mengajar kurang menarik siswa serta hanya dijelaskan dengan menggunakan metode ceramah tanpa adanya media pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran microsoft sway pada materi rangkaian listrik untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi siswa kelas V SDN 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan uji validitas untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran. Selanjutnya terdapat dua jenis uji coba, yaitu uji coba terbatas pada 15 siswa dan uji coba luas pada 34 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Media pembelajaran microsoft sway divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media sebesar 90%, dan validasi ahli materi memperoleh hasil 90% yang dinyatakan sangat valid untuk digunakan. (2) Media pembelajaran microsoft sway diuji keefektifannya melalui soal pre-test dan soal post-test yang terdiri dari 20 pilihan ganda. Hasil nilai pre-test uji coba terbatas 60 dan nilai post-test dari uji coba terbatas yaitu 90., sedangkan uji coba luas memperoleh hasil nilai pre-test 64,11 dan nilai post-test 91,76. Berdasarkan hasil nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media. berdasarkan presentase maka media pembelajaran microsoft sway sangat efektif untuk digunakan.(3) Media pebelajaran microsoft sway diuji kepraktisannya melalui angket guru dan siswa. Hasil angket dari guru yaitu 88%, sedangkan hasil angket siswa yaitu 91,02%, maka media microsoft sway sangat praktis untuk digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media microsoft sway dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena dinyatakan valid, efektif, dan praktis dalam membantu siswa dan guru pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Microsoft Sway, Rangkaian Listrik |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 111 Physics 410 Engineering science > 454 Electronics engineering |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heni Tikasari |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:26 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 04:26 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13286 |
Actions (login required)
View Item |