PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FOUR-D DAN METODE KULSPONSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SYARIAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

FORIJATI, Rr and RIDWAN, RIDWAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FOUR-D DAN METODE KULSPONSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SYARIAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN.

[img] Text
3.a. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FOUR-D DAN METODE KULSPONSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SYARIAH PADA MAHASISWA PEA UNP KEDIRI.pdf

Download (538kB)
[img] Text
3.b. Peer reviu Pengembangan Model Pembelajaran FOur-D dan Metode Kulsponsi dalam meningkatkan Kualitas pembelajaran akuntansi.pdf

Download (856kB)
[img] Text
3.c. Turnuitin PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FOUR-D DAN METODE KULSPONSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SYARIAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS NUSANT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Model Pembelajaran Four-D dengan menggunaan metode Kulsponsi pada mata kuliah Akuntansi Syariah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi bertujuan mengatasi masalah rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran pada perkuliahan, sehingga diharapkan kualitas belajar mahasiswa meningkat. Inovasi dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan model Four-D dan metode kulsponsi yang berbasis kegiatan diskusi kelompok dan latihan terbimbing. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil analisis yang telah dilakukan adalah sebagai berikut : 1) Inovasi pembelajaran dengan model Four D dan dengan metode kulsponsi dapat meningkatkan kualitas belajar dan proses pembelajaran, setelah mahasiswa diberi prakondisi yang memadai sehingga memiliki kesiapan materi dan dapat menyelesaikan kasus kasus masalah Akuntansi Syariah. 2) Dari hasil penelitian pada siklus pertama di dapat rerata pelaksanaan perkuliahan dengan menggunakan model Four-D dan metode kulsponsi 2,78 (cukup baik) dan siklus kedua dan ketiga masingmasing 3,23 (cukup baik) dan 3,63 (baik), dan sikuls keempat 4,23 (sangat baik) Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran Mata Kuliah Akuntansi Syariah dengan menggunakan Model Four-D dan dengan metode kulsponsi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 550 Economics > 561 Economic development
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rr Forijati
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:09
Last Modified: 24 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12813

Actions (login required)

View Item View Item