ARIANTI, SUCI and GUMILANG, GALANG SURYA and HANGGARA, GURUH SUKMA (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86201_19101010020.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010020_0731089001_0705068605_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (385kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010020_0731089001_0705068605_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010020_0731089001_0705068605_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010020_0731089001_0705068605_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010020_0731089001_0705068605_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86201_19101010020_0731089001_0705068605_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (403kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010020_00731089001_0705068605_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010020_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa terdapat siswa di SMA Negeri 2 Kediri memiliki manajemen waktu belajar yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya siswa siswi yang memiliki nilai pelajaran yang rendah. Permasalahan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah adalah bagaimanakah efektifitas penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan manajemen waktu belajar di SMAN 2 KEDIRI. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi Experiment Methode) ini terdiri atas dua kelompok yang telah ditentukan dengan memenuhi ciri-ciri yang sudah di tentukan. Dalam teknik tersebut memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana kelompok eksprimen diberikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama sedangkan kelompok kontrol diberikan teknik pada umumnya suatu diskusi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan ciri-ciri yang sudah di tentukan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak empat belas siswa sebagai kelompok eksperimen dan empat belas siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial yang meliputi statistik parametrik. Kesimpulan hasil penelitian ini didasarkan pada uji independen sampel t-test menyatakan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan meningkatkan manajemen waktu belajar siswa. Uji Independen Sampel Test dengan nilai Sig.2-tailed 0,001<0,05 diperoleh nilai Post Test kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 64,43, sedangkan nilai Pos Test kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 82,21. Hasil penelitian ini sekaligus menjawab rumusan masalah bahwa nilai teknik analisis thitung 5,933 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,048 karena nilai t hutung > t tabel maka Ho di tolak Ha diterima. Maka layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil, pentingnya penelitian ini yaitu agar siswa mampu memanajemen waktu belajar dengan baik. Serta untuk Guru BK hendaknya dalam memberikan layanan kepada siswa mengunakan teknik yang bervariasi agar siswa antusias dalam mengikuti bimbingan kelompok dimana proses yang ingin dicapai bisa maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosiodrama, Manajemen Waktu Belajar |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Suci Arianti |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 11:33 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 11:33 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12510 |
Actions (login required)
View Item |