PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Andayani, Wida Oktavia and AKA, KUKUH ANDRI and SAIDAH, KARIMATUS (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100153.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100153_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100153_0713118901_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100153_0713118901_0710039103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100153_0713118901_0710039103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100153_0713118901_0710039103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100153_0713118901_0710039103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100153_0713118901_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100153_0713118901_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan di SDN Wates Kabupaten Kediri, pada kelas V bahwa guru hanya menggunakan buku tematik dan ceramah yang keduanya hanya memuat tulisan untuk menjelaskan materi, materi dalam buku siswa terbatas, kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran guru yang hanya satu arah, media pembelajaran yang belum dikembangkan. Solusi penelitian ini yaitu peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) penerapan (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik anilisi data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Wates Kecamatan Wates sebanyak 28 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua tahap uji coba yaitu, uji coba terbatas dilakukan oleh 5 siswa dan uji coba luas dilakukan oleh 23 siswa. Hasil dari penelitian bahwa validasi ahli media pembelajaran mendapatkan persentase 82% dan validasi materi memperoleh persentase 88%, sehingga media pembelajaran berbasis macromedia flash sangat valid artinya sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan didapat dari respon guru dengan persentase 92% dan hasil angket respon siswa dengan persentase 94% dari uji terbatas dengan kriteria praktis sehingga digunakan tanpa perbaikan. Hasil respon guru dengan persentase 92% dan hasil angket respon siswa diperoleh persentase 95% dari uji coba luas dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat digunakan tanpa perbaikan. Keefektifan didapatkan dari uji coba terbatas soal evaluasi, media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash yang diperoleh nilai hasil belajar siswa dari uji coba terbatas (5 siswa) dan uji coba luas (23 siswa) dengan jumlah keseluruhan 28 siswa memperoleh hasil rata-rata 85 untuk skala terbatas dan 86 untuk skala luas, sehingga media pembelajaran berbasis macromedia flash sangat efektif artinya sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Pengembangan, Siklus Air
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Wida Oktavia Andayani
Date Deposited: 27 Sep 2023 10:47
Last Modified: 27 Sep 2023 10:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item