Atulhasanah, Mutik and WIGUNA, FRANS ADITIA and IMRON, ILMAWATI FAHMI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI VIDEO ANIMASI MATERI MAKNA DAN KARAKTERISTIK WILAYAH NKRI PADA SISWA KELAS 4 SDN KAMPUNG DALEM 4 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100104.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100104_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (346kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100104_0719048206_0710128902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (801kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100104_0719048206_0710128902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100104_0719048206_0710128902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100104_0719048206_0710128902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100104_0719048206_0710128902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100104_0719048206_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (129kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100104_0719048206_0710128902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Kampung Dalem 4 Kota Kediri. Dari hasil observasi yang diperoleh diketahui bahwa siswa kurang maksimal dalam memahami materi terutama materi makna dan karakteristik wilayah NKRI. Hal tersebut terjadi karena sumber belajar yang dimanfaatkan hanya buku paket dan LKS. Dengan kata lain, pendidik tidak menggunakan media pembelajaran pendukung yang lain untuk menunjang proses pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran melalui video animasi materi makna dan karakteristik wilayah NKRI. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran melalui video animasi materi makna dan karakteristik wilayah NKRI Pada Siswa Kelas 4 SDN Kampung Dalem 4 Kota Kediri? (2) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran melalui video animasi materi makna dan karakteristik wilayah NKRI Pada SiswaKelas 4 SDN Kampung Dalem 4 Kota Kediri? (3) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran melalui video animasi materi makna dan karakteristik wilayah NKRI Pada Siswa Kelas 4 SDN Kampung Dalem 4 Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup 5 tahap. Tahapan-tahapan tersebut yaitu Analisys (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Kampung Dalem 4 Kota Kediri. Desain penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu uji coba skala terbatas dengan sampel 12 siswa dan uji coba skala luas dengan sampel 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kevalidan produk dengan skor 89% dari ahli media dan 80% dari ahli materi dan masuk dalam kategori sangat valid. Kemudian hasil keefektifan media video animasi dapat dinyatakan efektif karena memenuhi kriteria efektif yaitu ≥80%. Pada uji skala terbatas mendapatkan skor persentase sebesar 83,3%, pada uji skala luas mendapatan skor persentase sebesar 96% dan masuk dalam kategori sangat efektif. Hasil kepraktisan dari respon guru pada uji coba terbatas mendapatkan skor 94%, dan respon guru uji coba luas mendapatkan skor 98%. Respon siswa pada uji coba terbatas mendapatkan skor 96% dan untuk reson siswa pada skala luas mendapat skor 97% dan masuk dalam kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi valid, efektif dan praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Makna dan Karakteristik Wilayah NKRI |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mutik Atulhasanah |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 11:48 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 11:48 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12452 |
Actions (login required)
View Item |