Rohmatin, Nabila and SUJARWOKO, SUJARWOKO and PUSPITONINGRUM, ENCIL (2023) PENGEMBANGAN MODEL MODUL AJAR MENGKONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_88201_19101070016.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_19101070016_0730066403_0719068703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_88201_19101070016_0730066403_0719068703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_88201_19101070016_0730066403_0719068703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_88201_19101070016_0730066403_0719068703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_88201_19101070016_0730066403_0719068703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_88201_19101070016_0730066403_0719068703_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_88201_19101070016_0730066403_0719068703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_88201_19101070016_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan pengembangan modul ajar teks eksposisi dengan metode Mind Mapping. Penelitian bertujuan mendeskripsikan karakteristik, prinsip pengembangan, dan menguji keefektifan model modul ajar untuk mengkontruksi teks eksposisi dengan mengggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kevalidan model modul ajar menggunakan metode Mind Mappping untuk mengkontruksi teks eksposisi. Hasil validasi yang dilakukan adalah penilian dari dosen ahli materi dan guru bahasa Indonesia. Kedua, kepraktisan model modul ajar menggunakan metode Mind Mappping untuk mengkontruksi teks eksposisi, kepraktisan dilakukan dengan pengisian angket respon siswa selama tahap evaluasi. Ketiga, keefktifan model modul ajar menggunakan metode Mind Mappping untuk mengkontruksi teks eksposisi. Keefektivan modul ajar yang dikembangkan dapat dinilai melalui presentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari nilai-nilai post-test, pada tahap evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan ADDIE, Modul Ajar, MetodeMind Mapping, Teks Eksposisi |
Subjects: | 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language) 500 Linguistics > 513 Literature (and language) of indonesia or other regions 710 Education science > 740 Language and literature education science 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nabila Rohmatin |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 13:18 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 13:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12099 |
Actions (login required)
View Item |