Rohmatulloh, Khoirul and BUDIANTO, AGUS and Setya Wiratama, Nara (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH HI-MERDEKA BERBASIS ANDROID DENGAN METODE GAMIFICATION PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS XI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_87201_18101020017.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_87201_18101020017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1+ References)
RAMA_87201_18101020017_0022086508_0729059101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (933kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_87201_18101020017_0022086508_0729059101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_87201_18101020017_0022086508_0729059101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_87201_18101020017_0022086508_0729059101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (669kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_87201_18101020017_0022086508_0729059101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_87201_18101020017_0022086508_0729059101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_87201_18101020017_0022086508_0729059101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari banyaknya milenial di Indonesia yang sudah mengenal internet guna terwujudnya society 5.0. Dengan perkembangan zaman tersebut perlu adanya sebuah media pembelajaran yang bisa digunakan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) yang menghasilkan media pembelajaran dengan mengadaptasi metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluations). Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis android yaitu Histori Indonesia Merdeka (HI-Merdeka) dengan metode gamification untuk terwujudnya society 5.0. Hasil penelitian ini diperoleh dari validasi yang menunjukkan bahwa aplikasi HI-Merdeka telah memenuhi aspek kriteria dari media pembelajaran yang diperoleh dari hasil validasi materi yang pertama memperoleh nilai 52% kemudian yang kedua memperoleh nilai 88%, dari hasil validasi media yang pertama memperoleh nilai 53% kemudian yang kedua memperoleh nilai 91%, dan dari hasil validasi praktisi memperoleh penilaian 93%. Dengan diperoleh hasil rata-rata penilaian media pembelajaran adalah 90%, yang termasuk kategori penilaian baik sekali. Pada uji lapangan untuk menentukan kepraktisan dan keefektifan, pada uji lapangan terbatas dengan responden 10 peserta didik memperoleh persentase kelulusan secara klasikal sebesar 70% sesuai pedoman keefektifan dan hasil respon peserta didik memperoleh rata-rata skor 4,45 sesuai pedoman kepraktisan. Pada uji lapangan luas dengan responden 28 peserta didik memperoleh peserta didik memperoleh persentase kelulusan secara klasikal sebesar 93% sesuai pedoman keefektifan dan hasil respon peserta didik memperoleh rata-rata skor 4,50 sesuai pedoman kepraktisan. Dengan demikian hasil analisis data yang diperoleh telah menjawab rumusan masalah yaitu media pembelajaran sejarah HI-Merdeka telah memenuhi aspek akseptabilitas untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di SMA Pawyatan Daha Kediri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Berbasis Android, Gamification, HI-Merdeka |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 618 History (history) 710 Education science > 722 Historical education 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Khoirul Rohmatulloh |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 10:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 11:04 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11976 |
Actions (login required)
View Item |