PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH

Maharani, Berlian Putri and PUSPITONINGRUM, ENCIL and RAHMAYANTIS, MARISTA DWI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_88201_18101070043.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_88201_18101070043_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_18101070043_0719068703_0711038903_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (874kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_88201_18101070043_0719068703_0711038903_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_88201_18101070043_0719068703_0711038903_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_88201_18101070043_0719068703_0711038903_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_88201_18101070043_0719068703_0711038903_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_88201_18101070043_0719068703_0711038903_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_88201_18101070043_0719068703_0711038903_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penelitian, bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi di SMAN 1 Ngadiluwih masih rendah. Keterampilan menulis, nampaknya perlu mendapatkan perhatian lebih besar daripada ketiga keterampilan lainnya. Agar pembelajaran lebih efektif memerlukan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya media pembelajaran animasi. Yang mana dalam media pembelajaran ini ada gambar yang dapat menarik perhatian siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah keterampilan menulis paragraaf deskripsi tanpa menggunakan media pembelajaran animasi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? (2) Bagaaimanakah keterampilan menulis paragraf deskripsi menggunakan media pembelajaran animasi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? (3) Adakah pengaruh yang signifikan media pembelajaran animasi terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest dan posttest. Seluruh siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih berlaku sebagai populasi. Sampel penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Pengambilan kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media pembelajaran animasi sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t atau t-test. Uji t bertuan untuk mengatahui ada ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media animasi dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih adalah: keterampilan menulis paragraf deskripsi tanpa menggunakan media pembelajaran animasi rendah hal ini dibuktikan dengan hasil KKM dibawah 75 yaitu 73,46 dan keterampilan menulis paragraf deskripsi menggunakan media pembelajaran animasi dengan hasil KKM yaitu 83,65. Penggunaan media pembelajaran animasi berpengaruh signifikan dengan keterampilan menulis paragraf deskripsi. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis data statistik interferensial yang menyatakan uji t antara postest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen di dapatkan nilai t hitung sebesar 9.174 > t tabel 2.059 pada tabel signifikansi 5% (0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswakelas X SMAN 1 Ngadiluwih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penggunaan, media animasi, keterampilan menulis, deskripsi
Subjects: 710 Education science > 740 Language and literature education science
710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Berlian Putri Maharani
Date Deposited: 27 Sep 2023 14:06
Last Modified: 27 Sep 2023 14:06
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11916

Actions (login required)

View Item View Item