PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK KELAS V SDN TIRON 4

Sholikhatin, Evihan Ridho Irma and IMRON, ILMAWATI FAHMI and PERMANA, ERWIN PUTERA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK KELAS V SDN TIRON 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100158.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100158_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (775kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100158_0710128902_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (671kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100158_0710128902_0706128701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100158_0710128902_0706128701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100158_0710128902_0706128701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100158_0710128902_0706128701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100158_0710128902_0706128701_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (38kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100158_0710128902_0706128701_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Peneitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa penggunaan LKPD yang digunakan SDN Tiron 4 terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan yang ditemukan pada saat observasi adalah 1) Implementasi nilai-nilai Pancasila pada kelas V di SDN Tiron 4 masih rendah, sehingga hilangnya rasa hormat dan patuh peserta didik terhadap pendidik. 2) Tingkat keaktifan peserta didik kelas V SDN Tiron 4 masih rendah. 3) LKPD yang digunakan kurang memadai. 4) Hasil belajar peserta didik masih sangat rendah. Sehingga diperlukan LKPD yang dapat membantu ketuntasan belajar peserta didik dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE yang memiliki empat tahapan yaitu 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar validasi ahli konstruksi bahan ajar, angket respon pendidik, angket respon peserta didik, dan tes evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Nilai-Nilai Pancasila. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kuantitatif dan Teknik analisis kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VA SDN Tiron 4 sebanyak 14 peserta didik dan kelahs VB SDN Tiron 4 sebanyak 20 peserta didik. Hasil dari penelitian pegembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Nilai-Nilai Pancasila adalah sebagai berikut, 1) Dinyatakan valid dengan memenuhi kriteria kevalidan yang diperoleh dari dua ahli konstruksi bahan ajar sebesar 88,5% dengan kriteria sangat valid. 2) Dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria kepraktisan yang diperoleh dari angket respon pendidik dan peserta didik sebesar 88,75% dengan kriteria sangat praktis. 3) Dinyatakan efektif dengan memenuhi kriteria keefektifan yang diperoleh dari rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik sebesar 80% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan presentase tersebut, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Nilai-Nilai Pancasila dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, PBL, Nilai-Nilai Pancasila
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Evihan Ridho Irma Sholikhatin
Date Deposited: 27 Sep 2023 14:19
Last Modified: 27 Sep 2023 14:19
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item