Astutik, Yenny Dwi and RIDWAN, RIDWAN and UTOMO, HANGGARA BUDI (2020) PERAN GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN FRUITS MONOPOLY PADA ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86207_16101110016.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86207_16101110016_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) |
|
Text (References)
RAMA_86207_16101110016_0725037101_0720058503_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (118kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86207_16101110016_0725037101_0720058503_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (80kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berhitung yang merupakan salah satu komponen dari kemampuan dalam bidang kognitif, merupakan hal yang penting untuk dikembangkan dalam diri anak. Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini dapat dilakukan melalui permainan. Hal ini akan lebih efektif karena dunia anak adalah dunia bermain, di mana permainan Fruits Monopoly adalah salah satunya.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji peran guru terhadap peningkatan kemampuan berhitung 1-10 melalui permainan fruits monopoly pada anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan dan penggalian data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa permainan fruits monopoly secara efektif mampu memberikan pengaruh pada kemampuan berhitung 1-10 pada anak usia dini, khususnya taman kanak-kanak. Permainan fruits monopoly menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan berpusat pada anak didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Melalui permainan ini, anak belajar untuk berhitung objek nyata yang anak sukai dalam atmosfer yang menyenangkan dan nyaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | the ability to count 1-10, the game Fruits Monopoly, early childhood |
Subjects: | 500 Linguistics > 520 Linguistics 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 792 Non-formal education 710 Education science > 794 PGTK and PAUD 710 Education science > 795 Educational psychology 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation 710 Education science > 797 Curriculum development 710 Education science > 801 Early childhood education programs 710 Education science > 802 Curriculum and educational technology 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Yenny Dwi Astutik |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 08:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1175 |
Actions (login required)
View Item |