PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTER BERBENTUK TIGA DIMENSI PADA MATERI HURUF TEGAK BERSAMBUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SDN SUKOHARJO 3

Munawar, Saifana Riska and SAIDAH, KARIMATUS and MUKMIN, BAGUS AMIRUL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTER BERBENTUK TIGA DIMENSI PADA MATERI HURUF TEGAK BERSAMBUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SDN SUKOHARJO 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100073.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100073_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100073_0710039103_0710059001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100073_0710039103_0710059001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100073_0710039103_0710059001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100073_0710039103_0710059001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100073_0710039103_0710059001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100073_0710039103_0710059001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (428kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100073_0710039103_0710059001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi berdasarkan lembar wawancara dan angket analisis kebutuhan yang telah dilakukan di kelas II SD Negeri Sukoharjo 3 diketahui bahwa siswa kelas II mengalami kesulitan dalam menulis huruf tegak bersambung secara rapi, dalam pembelajaran materi huruf tegak bersambung siswa masih bingung membedakan huruf kapital yang benar dalam huruf tegak bersambung, guru masih menuliskan di papan tulis terlebih dahulu untuk mencontohkan huruf tegak bersambung sehingga membuang waktu. diketahui dari ulangan harian hasil belajar siswa hanya 60% siswa yang tuntas. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran sandpaper letter berbentuk tiga dimensi pada materi huruf tegak bersambung untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 2 SDN Sukoharjo 3. Penelitian menggunakan jenis penelitian R & D dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, angket validasi, angket respon,pre-test dan post-test. Desain uji coba produk menggunakan uji coba terbatas dan uji coba luas. Subyek penelitian sebanyak 5 siswa uji coba terbatas dan 13 siswa uji coba luas. Subjek uji coba yakni validator materi, media, dan guru kelas. Sedangkan lokasi uji coba luas dilakukan di SD Negeri Sukoharjo 3. Hasil dari pengembangan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi yang dikembangkan bisa dikatakan valid, praktis, dan efektif. Hasil rata-rata kevalidan diperoleh 88% hal ini bahwa media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi ini dikatakan sangat valid. Berdasarkan hasil kepraktisan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi membuktikan bahwa respon guru diperoleh 88% dan siswa uji terbatas 91% siswa uji luas 92% sehingga bisa dikatakan sangat praktis. Dan keefektifan dilihat dari hasil perhitungan setelah dilakukan uji coba terbatas diperoleh rata-arata pre test 67 dan rata-rata post test 89 dan uji coba luas 64 dan 89. Adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test, sehingga media dikategorikan efektif. Kesimpulan dari media Berdasarkan hasil pembahasan pengembangan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi pada materi huruf tegak bersambung dilakukan dikelas II SDN Sukoharjo 3 yang dikembangkan bisa dikatakan sangat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sandpaper letter berbentuk 3 dimensi, huruf tegak bersambung, ketrampilan menulis
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Saifana Riska Munawar
Date Deposited: 27 Sep 2023 14:59
Last Modified: 27 Sep 2023 14:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11729

Actions (login required)

View Item View Item