Yusuf, Milenia Almira and SAIDAH, KARIMATUS and WENDA, DHIAN DWI NUR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLY BERBENTUK POP-UP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PROVINSI JAWA TIMUR DI KELAS IV SDN TIRON 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100157.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100157_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (128kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100157_0710039103_0701058701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100157_0710039103_0701058701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (351kB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100157_0710039103_0701058701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (391kB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100157_0710039103_0701058701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100157_0710039103_0701058701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (208kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100157_0710039103_0701058701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100157_0710039103_0701058701_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas IV SDN Tiron 4, terutama pada materi keberagaman budaya ditemukan bahwa media ajar jarang digunakan dalam memberikan materi pelajaran, sehingga membuat siswa mudah jenuh dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Guru hanya menggunakan media papan tulis untuk menyampaikan materi, sehingga variasi media pembelajaran yang dimiliki kurang. Terbatasnya ketersediaan fasilitas yang ada di sekolah untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar. Keadaan siswa mayoritas pasif jika hanya diberikan materi tanpa didampingi media yang menunjang ketertarikan mereka pada pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, maka dapat diuraikan rumusan masalah menjadi 1) bagaimana kevalidan media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4?, 2) bagaimana kepraktisan media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4?, dan 3) bagaimana keefektifan media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4? Tujuan penelitian pengembangan media ini yaitu 1) untuk mengetahui kevalidan media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4, 2) untuk mengetahui kepraktisan media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4, dan 3) untuk mengetahui keefektifan media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implement (penerapan), dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur valid digunakan dengan perolehan hasil persentase rata-rata dari validator ahli materi dan ahli media sebesar 86%, 2) media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur praktis digunakan dengan perolehan hasil kepraktisan 90% dari guru dan 87,5% dari siswa, dan 3) media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur efektif digunakan dengan perolehan hasil perbedaan yang signifikan dari pengerjaan pre-test dan post test siswa, serta dikuatkan dengan hasil penggunaan program SPSS uji Paired Samples T-Test dengan hasil signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Simpulan dari hasil tersebut, maka dinyatakan bahwa media monopoly berbentuk pop-up pada materi keberagaman budaya provinsi Jawa Timur valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Monopoly, Pop-up, Keberagaman Budaya |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Milenia Almira Yusuf |
Last Modified: | 14 Aug 2023 12:55 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11685 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLY BERBENTUK POP-UP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PROVINSI JAWA TIMUR DI KELAS IV SDN TIRON 4. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLY BERBENTUK POP-UP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PROVINSI JAWA TIMUR DI KELAS IV SDN TIRON 4. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |