Sugiarto, Caroline and WAHYUDI, WAHYUDI and SAHARI, SUTRISNO (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN 1 LENGKONG KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100151.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100151_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (70kB) |
|
Text (Cover BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100151_0705069001_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100151_0705069001_0713037304_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100151_0705069001_0713037304_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100151_0705069001_0713037304_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100151_0705069001_0713037304_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100151_0705069001_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (309kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100151_0705069001_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi terhadap guru kelas IV SDN 1 Lengkong Kabupaten Nganjuk. Dalam proses belajar mengajar, kebanyakan guru tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya terpaku pada buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar mengajar sehingga siswa cenderung sulit memahami materi yang diajarkan oleh guru kelas. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana kevalidan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Lengkong? (2) Bagaimana kepraktisan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Lengkong? (3) Bagaimana keefektifan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Lengkong? Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis articulate storyline materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Lengkong. (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis articulate storyline materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Lengkong. (3) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis articulate storyline materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Lengkong Pada penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang disebut dengan R&D (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Sugiyono, (2015). Kesimpulan penelitian ini (1) Hasil validasi ahli media diperoleh presentase 84,5% dan ahli materi 95%. Rata-rata tingkat kevalidan skor 90%, dapat dinyatakan sangat valid. (2) Hasil angket respon siswa diperoleh presentase 94% dan angket respon guru 86%. Rata-rata tingkat kepraktisan mendapatkan skor 90%, dapat dinyatakan sangat praktis. (3) Hasil uji coba terbatas diperoleh presentase 84% dan uji coba luas 87%. Rata-rata tingkat keefektifan mendapatkan skor sebesar 85,5%, sehingga dapat dinyatakan bahwa sangat signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, multimedia interaktif, articulate storyline, materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia. |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Caroline Sugiarto |
Last Modified: | 14 Aug 2023 09:45 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11645 |
Actions (login required)
View Item |