PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBAGIAN DESIMAL MELALUI MEDIA SIPINTAR KELAS IV SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI

Iva Aspreliha, Iva and RIAN, RIAN and KUKUH ANDRI AKA, KUKUH ANDRI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBAGIAN DESIMAL MELALUI MEDIA SIPINTAR KELAS IV SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100164_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100164_0728129001_0713118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (873kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100164_0728129001_0713118901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (765kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100164_0728129001_0713118901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (442kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100164_0728129001_0713118901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100164_0728129001_0713118901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100164_0728129001_0713118901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (305kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100164_0728129001_0713118901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100164.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tuntasnya pemahaman siswa dalam muatan matematika pada materi bilangan desimal, sehingga membutuhkan perbaikan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bilangan desimal menggunakan media Sipintar. Subyek dan setting pada penelitianini adalah siswa kelas IV A SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2021/20222 yang berjumlah 29 siswa. Desain prosedur perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dari pra-siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra-siklus rata-rata nilai hasil belajar siswa hanya sebesar 31,72 dengan presentase ketuntasan 17,24%. Peningkatan tersebut dibuktikan dari hasil tes pada siklus I, yakni rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 62,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 34,48%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa naik mencapai 83,27 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,75% Dengan demikian, dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran pembagian desimal melalui media Sipintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Burengan 2 Kota Kediri. Kata Kunci: Hasil belajar, pembagian desimal, kurikulum sekolah penggerak, media Sipintar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembagian desimal, kurikulum sekolah penggerak, media Sipintar.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 135 Meteorologist
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iva Aspreliha
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:02
Last Modified: 14 Aug 2023 09:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11532

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item