Kusumaningrahayu, Nita and ANDRI AKA, KUKUH and WAHYUDI, WAHYUDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGANJUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86026_19101100128.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86026_19101100128_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (81kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86026_19101100128_0713118901_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (462kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86026_19101100128_0713118901_0705069001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (899kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100128_0713118901_0705069001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86026_19101100128_0713118901_0705069001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86026_19101100128_0713118901_0705069001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100128_0713118901_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (180kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100128_0713118901_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti, bahwa guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas terutama pada materi keragaman budaya. Kurangnya pemahaman dalam materi siswa pada materi keragaman budaya. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetauhi kevalidan media pembelajaran permainan monopoli edukatif pada materi Keragaman budaya di Indonesia berbasis kearifan lokal Nganjuk kelas IV Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetauhi kepraktisan media pembelajaran permainan monopoli edukatif pada materi Keragaman budaya di Indonesia berbasis kearifan lokal Nganjuk kelas IV Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetauhi keefektifan media pembelajaran permainan monopoli edukatif pada materi Keragaman budaya di Indonesia berbasis kearifan lokal Nganjuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Dalam ADDIE terdapat beberapa tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 3 Jatikalen. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi media, angket validasi materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa, dan evaluasi berupa soal yang diberikan kepada siswa. Kesimpulan hasil penelitian pada media monopoli edukatif dinyatakan sangat valid atau layak digunakan pada proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji validasi media dan hasil uji validasi materi. Berdasarkan validasi ahli media, kualitas media yang dikembangkan adalah sangat baik dengan presentase skor 82%. Sedangkan untuk validasi ahli materi memperoleh presentase skor 91%. Jadi rata-rata presentase skor diperoleh dari ahli media dan ahli materi adalah 86,5% termasuk dalam kategori validitas 81%-100% yang artinya media sangat valid. Media monopoli edukatif dinyatakan praktis diperoleh dari angket respon guru dengan presentase skor 92,5% dan angket respon siswa 98% terletak pada rentang 81%-100% yang artinya media monopoli edukatif dinyatakan sangat praktis. Untuk mengetauhi tingkat keefektifan media dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa sesudah menggunakan media pembelajaran monopoli sebanyak 93% memenuhi nilai KKM , sehingga media monopoli edukatif efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Keragaman budaya |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 610 Social sciences 580 Humaniora social science > 618 History (history) 580 Humaniora social science > 619 Cultural studies 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nita Kusumaningrahayu |
Last Modified: | 13 Aug 2023 11:25 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11472 |
Actions (login required)
View Item |