Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP Dalam Membuat Soal Matematika Kontekstual (Studi Kasus Guru JM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Matematika)

Widodo, Suryo (2012) Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP Dalam Membuat Soal Matematika Kontekstual (Studi Kasus Guru JM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Matematika). In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Aplikasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika, Surabaya.

[img] Text
85101_0002026403.pdf

Download (1MB)
[img] Text
85101_0002026403_SIMILARITY.pdf

Download (2MB)
[img] Text
85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/...

Abstract

Tren penelitian pendidikan matematika ditanah air mayoritas peneliti menjadikan siswa ataupun mahasiswa yang belajar matematika sebagai subjek penelitiannya. Sangat kecil sekali prosentase peneliti baik dari kalangan mahasiswa ataupun dosen yang tertarik untuk menjadikan guru ataupun orangtua sebagai subjek dalam penelitian mereka. Tujuan penelitian ini mengungkap berpikir kreatif guru matematika SMP dalam membuat soal matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru yang telah tersertifikasi berdasarkan kualifikasi akademik. Dalam kasus ini subjek penelitian satu orang guru matematika JM dengan kualifikasi akademik S-1 matematika. Metode pengumpulan data dengan wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) JM mensintesis ide membuat soal berdasarkan konteks, rumus dan ukuran, bentuk tampilan soal baik berupa gambar maupun dialog verbal, soal yang telah dibuat sebelumnya; (2) JM dalam membangun ide memperhatikan kategori soal yang diminta dan klasifikasi masalah matematika, kebaruan pertanyaan, kesetaraan soal-soal yang dibuat dan penampilan soal yang menarik; (3) JM dalam merencanakan penerapan ide terlihat produktif dan lancar, kemudahan dalam menggambar, melihat kembali sintesis yang dilakukan; (4) JM dalam penerapan ide terlihat lancar hal ini juga dapat dilihat dari kebenaran dalam menyelesaikan hasil tugas kecuali untuk membuat soal dengan banyak cara selesaian, serta mempertimbangkan konteks yang dekat dengan lingkungan siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Suryo Widodo
Date Deposited: 23 Aug 2020 12:24
Last Modified: 11 Jan 2021 04:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item