Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division

Widodo, Suryo and Jatmiko, Jatmiko and Santia, Ika and Katminingsih, Yuni (2019) Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division. Jurnal Math Educator Nusantara, 5 (2). pp. 182-189. ISSN 2459-9735

[img] Text
85101_0002026403.pdf

Download (1MB)
[img] Text
85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf

Download (2MB)
[img] Text
85101_0002026403_SIMILARITY.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement Division (STAD) melalui penelitian tindakan kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study yang mempunyai 3 tahapan yaitu pland, do, dan see. Penelitian terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Upaya yang dilakukan dosen model berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement Division. Hasil ditunjukan dari peningkatan presentase pada kemampuan kolaborasi mahasiswa dari 73,67% pada siklus I menjadi 78,17% pada siklus II.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Suryo Widodo
Date Deposited: 23 Aug 2020 12:24
Last Modified: 07 Jan 2021 10:28
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item