PENGEMBANGAN POP UP PAPAN MAGNET SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kurnia, Nila and PERMANA, ERWIN PUTERA and DAMARISWARA, RIAN (2023) PENGEMBANGAN POP UP PAPAN MAGNET SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100046.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100046_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (148kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100046_0706128701_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (987kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100046_0706128701_0728129001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (280kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100046_0706128701_0728129001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (599kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100046_0706128701_0728129001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (902kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100046_0706128701_0728129001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100046_0706128701_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (304kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100046_0706128701_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti bahwa pembelajaran IPA materi sistem pencernaan pada manusia di SDN Satak 2 dan di SDN Tiron 4 masih berbasis teacher center atau guru yang banyak mendominasi pembelajaran. Hal ini akan menimbulkan rasa bosan bagi siswa. Jika siswa bosan ketika pembelajaran berlangsung maka akan berakibat turunnya hasil belajar. Hal ini yang menjadi dasar penelitian yang berjudul pengembangan pop up papan magnet sistem pencernaan manusia untukmenunjang pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia untuk menunjang pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar ? (2) Bagaimana kepraktisan media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia untuk menunjang pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar? (3) Bagaimana efektifitas media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia untuk menunjang pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Adapun langkah – langkah sesuai dengan prosedur ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Satak 2 yang berjumlah 20 siswa dan siswa kelas V SDN Tiron 4 yang berjumlah 10 siswa. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Observasi digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan di SDN Satak 2 dan SDN Tiron 4. Dokumentasi digunakan untuk membuktikan hasil belajar siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Wawancara digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran pop up papan magnet sistem pencernaan manusia. Angket digunakan untuk memperoleh data kepraktisan dari angket respon guru dan respon siswa. Tes digunakan untuk memperoleh data keefektifan media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia. Teknik analisis data berupa kuantitatif dengan skala likert. Hasil penelitian pengembangan media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia adalah sebagai berikut, (1) Media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia dinyatakan sangat valid dengan hasil persentase 82% dari validasi media dan persentase 98% dari validasi materi. (2) Media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia dinyatakan sangat praktis dengan hasil persentase 94% dari respon guru pada uji coba terbatas dan persentase 84% dari uji coba luas. Hasil dari respon siswa sebesar 98% pada uji coba terbatas dan 97% pada uji coba luas (3) Media pop up papan magnet sistem pencernaan manusia dinyatakan efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil posttest tuntas dengan persentase 90 % dan 95% pada uji coba luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pop-up , papan magnet, sistem pencernaan manusia, pembelajaran IPA
Subjects: 710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nila Kurnia
Last Modified: 11 Aug 2023 11:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11235

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN POP UP PAPAN MAGNET SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item