Muhamad Bagas Adi Yudhoyono, Muhamad Bagas and DANANG WAHYU WIDODO, DANANG WAHYU and MUH. ARIS SAPUTRA, MUH. ARIS (2023) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BELAJAR AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_55201_19103020169.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_55201_19103020169_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (41kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_19103020169_0720117501_0721109801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (436kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_55201_19103020169_0720117501_0721109801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_55201_19103020169_0720117501_0721109801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_55201_19103020169_0720117501_0721109801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_55201_19103020169_0720117501_0721109801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_55201_19103020169_0720117501_0721109801_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (122kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_55201_19103020169_0720117501_0721109801_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan era globalisasi telah mengubah cara-cara tradisional pembelajaran. Di tengah perubahan ini, tantangan yang dihadapi oleh pendidik adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan game dalam pembelajaran terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah game edukasi yang bertujuan untuk membantu siswa SD kelas IV dalam mempelajari aksara Jawa melalui platform Android. Aksara Jawa merupakan salah satu aspek budaya yang penting di Indonesia, namun pembelajarannya sering kali dihadapkan pada tantangan yang kurang menarik bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan langkah-langkah seperti analisis kebutuhan, perancangan game, pengembangan konten multimedia, implementasi, dan evaluasi. Dalam proses perancangan game, prinsip-prinsip desain permainan yang menarik, interaktif, dan mendidik diterapkan untuk memastikan pengalaman belajar yang optimal bagi siswa. Hasil penelitian game yang dilakukan oleh peneliti berupa game “Pengenalan Aksara Jawa”, yaitu game tentang edukasi pengenalan aksara jawa. Hasil uji coba Balckbox pada game “Aksara Jawa” semua berjalan lancar, mulai dari fungsi tombol dan gameplay.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi,Game,Pengenalan Aksara Jawa |
Subjects: | 660 Art, design and media > 706 Design 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika |
Depositing User: | Muhamad Bagas Adi Yudhoyono |
Last Modified: | 11 Aug 2023 11:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11220 |
Actions (login required)
View Item |