Febrianti, Elisabeth Ayu and SETYAWATI, SRI PANCA and ATRUP, ATRUP (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86201_19101010016.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010016_0716046202_0709116101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (722kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010016_0716046202_0709116101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010016_0716046202_0709116101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010016_0716046202_0709116101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010016_0716046202_0709116101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86201_19101010016_0716046202_0709116101_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (161kB) |
|
Text (Lamoiran)
RAMA_86201_0716046202_0709116101_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010016_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
Abstract
Elisabeth Ayu Febrianti: Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di SMK PGRI 2 Kediri, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2023. Kata Kunci: Buku Panduan, Konseling Kelompok Teknik Modeling Simbolis, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan wawancara dengan guru BK yang dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan bahwa banyak siswa di SMK PGRI 2 Kediri memiliki minat belajar yang rendah. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan siswa yang tidak mengerjakan PR, bermain handphone ketika guru sedang menerangkan materi pelajaran, datang terlambat, memilih keluar kelas dan tidak mengikuti kegiatan belajar. Selain itu layanan konseling yang diberikan oleh Guru BK masih kurang efektif. Kondisi tersebut disebabkan guru BK dalam melakukan konseling hanya memberikan nasehat, dan belum melaksanakan konseling secara optimal dan sistematis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan buku panduan konseling kelompok Teknik Modeling Simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan milik Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi enam tahap yaitu, tahap (1) potensi dan masalah, tahap (2) pengumpulan data, tahap (3) desain produk awal, (4) validasi produk awal, tahap (5) revisi produk awal, tahap (6) uji coba produk awal. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Buku panduan ini berisi materi: (1) konseling kelompok, (2) teknik modeling simbolis, (3) minat belajar, (4) instrumen untuk mengukur minat belajar peserta didik, (5) proses atau tahapan konseling kelompok menggunakan teknik modeling simbolis. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah melalui empat tahap uji coba yang meliputi uji ahli materi dengan hasil 1,0, uji ahli media dengan hasil 0,92, uji ahli bahasa dengan hasil 1,0, dan uji coba pengguna pada guru BK dengan hasil 0,87. Berdasar hasil analisis data hasil penilaian validator dan uji coba pengguna, buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang telah peneliti kembangkan sangat layak dan dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang dikembangkan diterima secara praktis, teoritis sebagai salah satu media BK. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, pengembangan buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis diterima dan layak digunakan sebagai salah satu panduan layanan Bimbingan dan Konseling yang mempermudah guru BK dalam melaksanakan konseling kelompok khususnya teknik modeling simbolis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Elisabeth Ayu Febrianti: Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di SMK PGRI 2 Kediri, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2023. Kata Kunci: Buku Panduan, Konseling Kelompok Teknik Modeling Simbolis, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan wawancara dengan guru BK yang dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan bahwa banyak siswa di SMK PGRI 2 Kediri memiliki minat belajar yang rendah. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan siswa yang tidak mengerjakan PR, bermain handphone ketika guru sedang menerangkan materi pelajaran, datang terlambat, memilih keluar kelas dan tidak mengikuti kegiatan belajar. Selain itu layanan konseling yang diberikan oleh Guru BK masih kurang efektif. Kondisi tersebut disebabkan guru BK dalam melakukan konseling hanya memberikan nasehat, dan belum melaksanakan konseling secara optimal dan sistematis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan buku panduan konseling kelompok Teknik Modeling Simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan milik Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi enam tahap yaitu, tahap (1) potensi dan masalah, tahap (2) pengumpulan data, tahap (3) desain produk awal, (4) validasi produk awal, tahap (5) revisi produk awal, tahap (6) uji coba produk awal. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Buku panduan ini berisi materi: (1) konseling kelompok, (2) teknik modeling simbolis, (3) minat belajar, (4) instrumen untuk mengukur minat belajar peserta didik, (5) proses atau tahapan konseling kelompok menggunakan teknik modeling simbolis. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah melalui empat tahap uji coba yang meliputi uji ahli materi dengan hasil 1,0, uji ahli media dengan hasil 0,92, uji ahli bahasa dengan hasil 1,0, dan uji coba pengguna pada guru BK dengan hasil 0,87. Berdasar hasil analisis data hasil penilaian validator dan uji coba pengguna, buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang telah peneliti kembangkan sangat layak dan dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang dikembangkan diterima secara praktis, teoritis sebagai salah satu media BK. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, pengembangan buku panduan konseling kelompok teknik modeling simbolis diterima dan layak digunakan sebagai salah satu panduan layanan Bimbingan dan Konseling yang mempermudah guru BK dalam melaksanakan konseling kelompok khususnya teknik modeling simbolis. |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Elisabeth Ayu Febrianti |
Last Modified: | 11 Aug 2023 10:37 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11215 |
Actions (login required)
View Item |