Setyorini, Oliviana Putri and IMRON, ILMAWATI FAHMI and PERMANA, ERWIN PUTERA (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KABER (KARTU BERPASANGAN) BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI JENIS DAN KEGIATAN EKONOMI KELAS 5 DI SDN BAYE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100159.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100159_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (347kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + Reference)
RAMA_86206_19101100159_0710128902_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100159_0710128902 _0706128701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100159_0710128902 _0706128701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100159_0710128902 _0706128701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100159_0710128902 _0706128701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (Reference)
RAMA_86206_19101100159_0710128902 _0706128701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100159_0710128902 _0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan di SDN Baye Kabupaten Kediri di kelas V pada materi jenis dan kegiatan ekonomi masih ada kendala pada saat proses pembelajaran. Kendala tersebut yaitu ketika pembelajaran guru hanya berpacu pada buku tema saja dimana pembelajarannya terkesan monoton. Karena guru hanya menjelaskan kemudian memberikan tugas, dan tidak ada buku penunjang yang lainnya. Hal ini juga dilakukan oleh guru karena tidak menggunakan suatu media pembelajaran yang dapat membantu pada saat proses pembelajaran, yang membuat peserta didik merasa bosan dan tidak semangat belajar karena pembelajarannya terkesan monoton. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya hasil ulangan peserta didik yang mendapat nilai kurang dari KKM yakni sebesar 65%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan multimedia KABER (kartu berpasangan) berbasis macromedia flash pada materi jenis dan kegiatan ekonomi kelas V di SDN Baye. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah model ADDIE yakni dengan tahapan: 1) Analisis (Analyze ), 2) Rancangan (Design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN Baye. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dan tes. Hasil penelitian pada multimedia KABER sangat valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji validasi materi dan validasi media. Berdasarkan hasil ahli materi dengan mendapatkan persentase skor 92%, sedangkan validasi media mendapatkan persentase skor 96%. Jadi, rata-rata skor persentase skor dari validasi materi dan media yaitu 94%. Multimedia KABER dikatakan praktis diperoleh dari hasil angket kepraktisan guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket respon guru yang mndapatkan skor 92%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dalam uji coba terbatas mendapatkan skor yakni 92% dan pada uji coba luas mendapatkan skor 95%. Multimedia KABER dikatakan efektif dilakukan pada kelas V SDN Baye dari hasil post test yang dibandingkan dengan KKM ≥75. Dapat dilihat dari hasil perolehan ketuntasan klasikal peserta didik yang dilakukan pada uji coba terbatas dan uji coba luas. Pada uji coba terbatas ketuntasan klasikal peserta didik memperoleh perentase skor yakni 80%, sedangkan uji coba luas memperoleh persentase skor sebesar 96%. Berdasarkan presentase tersebut maka dapat disimpulan bahwa multimedia KABER dikatakan valid, praktis, dan efektif digunakan pada kelas V di SDN Baye.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media KABER (Kartu Berpasangan), Macromedia Flash, Jenis dan Kegiatan Ekonomi |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Oliviana Putri Setyorini |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:59 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11123 |
Actions (login required)
View Item |