PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SIKLUS AIR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN TAROKAN 3 PADA MATERI SIKLUS AIR

Putri, Juita Cahyani and SANTI, NOVI NITYA and SAHARI, SUTRISNO (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SIKLUS AIR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN TAROKAN 3 PADA MATERI SIKLUS AIR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100005.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100005_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (337kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100005_0714118403_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (485kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100005_0714118403_0713037304_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100005_0714118403_0713037304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100005_0714118403_0713037304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100005_0714118403_0713037304_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100005_0714118403_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (75kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100005_0714118403_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hasil pengamatan saat pembelajaran, ketika dilakukannya tanya jawab mengenai materi siklus air, hampir 50% siswa tidak bisa menjawab pertanyaan. Selain itu, setelah dilakukannya tes formatif, terdapat 75% siswa yang mendapatkan nilai di bawah 75.. Hal ini dilatarbelakangi ketika penyampaian materi dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai dan hanya menggunakan metode ceramah..Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran video siklus air terhadap pemahaman siswa kelas V SDN Tarokan 3 pada kelas eksperimen? (2) Bagaimana pembelajaran tanpa penggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman siswa kelas V SDN Tarokan 3 pada kelas kontrol? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran video siklus air dan tanpa penggunaan media terhadap pemahaman siswa kelas V SDN Tarokan 3 pada materi siklus air? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Tarokan 3. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes (pre-test dan post-test). Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2023. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dari hasil post-test siswa pada kelas V SDN Tarokan 3 dalam kelas eksperimen (diberikan treatment) dapat dilihat bahwa hasil mean paired differences diperoleh hasil -25.000 yang menandakan bahwa hasil pre-test lebih rendah daripada hasil post-test dengan artian terdapat pemahaman siswa setelah digunakannya media pembelajaran video. (2) Dari hasil post-test siswa pada kelas V SDN Tarokan 3 dalam kelas kontrol (tanpa treatment) dapat dilihat bahwa hasil mean paired differences diperoleh hasil -10.833 yang menandakan bahwa hasil pre-test lebih rendah daripada hasil post-test. (3) Dari hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat bahwa rata-rata hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah -14.583 dan selisih hasil perbedaan tersebut antara -19,656 sampai -9,511. Hasil negatif menandakan bahwa rata-rata hasil post-test kelas kontrol lebih rendah daripada hasil post-test kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video, siklus air, pemahaman siswa
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Juita Cahyani Putri
Last Modified: 13 Aug 2023 10:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item