SINGGIH DANU CAHYO, SINGGIH and AH. SULHAN FAUZI, FAUZI and YASINTA, SINDY PRAMESTI (2023) RANCANG BANGUN SISTEM KEMUDI PROTOTIPE MOBIL LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083.pdf Download (2MB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_0703117603_0705089001_01_front_ref.pdf Download (575kB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_0703117603_0705089001_02.pdf Download (731kB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_0703117603_0705089001_03.pdf Download (953kB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_0703117603_0705089001_04.pdf Download (860kB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_0703117603_0705089001_05.pdf Download (124kB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_0703117603_0705089001_06_Ref.pdf Download (300kB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_0703117603_0705089001_07_Lamp.pdf Download (740kB) |
|
Text
RAMA_21201_19.1.03.01.0083_SIMILARITY.pdf Download (174kB) |
Abstract
Singgih Danu Cahyo : Rancang Bangun Sistem Kemudi Prototipe Mobil Listrik Skripsi, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2023. Perkembangan kendaraan otomotif di indonesia dari tahun ke tahun sealau mengalami kemajuan seiring dengan meningkatnya jumlah pembelian atau penggunaan sepeda motor maupun mobil. Saat ini harga BBM semakin mahal dan cadangannya menjadi sangat terbatas serta sulit dikendalikan untuk masa yang akan datang. Hal ini memicu pengembangan penggunaan energi listrik dalam sistem transportasi sebagai pengganti bahan bakar fosil, sebab energi listrik mudah dibangkitkan dari berbagai macam sumber termasuk dari sumber-sumber energi terbarukan seperti contoh dengan menngunakan tenaga panas matahari yang dikonversikan ketenaga listrik. Dalam perancangan sistem kemudi prototipe mobil listrik tersendiri akan mengabungkan tie rod dan ball joint di mana pada saat belok steering wheel dan roda juga akan ikut belok. Mobil Listrik ini memliki desain sistem kemudi mirip dengan mobil f1 yang mana steering wheel nya menggunakan pipa besi berebntuk T yang di lengkapi dengan tombol on/off, pengereman dan handel gass serta komponen pendukung lainya seperti tie rod, ball joint, bracket shaft, dan penghubung shaft. Dari hasil pengujian diketahui bahwa performa dari sistem kemudi manual bekerja dengan baik. Batang kemudi dan steer ketika diputar tidak ada kekocakan pada sambungan antara batang kemudi dengan plat, sehingga steer dapat diputar dengan ringan dan mudah. Disamping itu sistem kemudi manual ini menghasilkan sudut belok maksimal 20˚. Pada uji coba 10˚ radius belok, pada percobaan pertama mendapatkan radius belok sejauh 13m dan percobaan kedua mendapatkan radius belok sejauh 14,3m. Simulasi buckling tie rod untuk tingkat strees nya mendapatkan hasil min 3,861 N/mˆ2 dan max 93.559.072,000 N/mˆ2. Pada simulasi Displacement mendapatkan hasil min 0,000 mm dan max 1,500 mm. Dengan demikian sistem kemudi dapat mendukung kinerja pada mobil listrik tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Bakar, Mobil Listrik, Sistem Kemudi, Tie Rod |
Subjects: | 410 Engineering science > 431 Mechanical engineering (and other machining) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Mesin |
Depositing User: | Singgih Danu Cahyo |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 03:46 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 03:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10652 |
Actions (login required)
View Item |