DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Opat, Opsila Lodia and ZAMAN, WAHID IBNU and AHDHIANTO, ERIF (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100063.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100063_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB)
[img] Text (Reference)
RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar. Penerapan pembelajaran IPA kurang menarik di SD, hal ini tersebut ditunjukan dengan berbagai macam keluhan dalam pembelajaran IPA di SD seperti siswa merasa membosankan (jenuh), kurang bergairah dan tidak menarik. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Kondisi tersebut sebagaimana yang terjadi guru perlu membenahi model, dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik, mengasah kreatifitas siswa, mengajak siswa berpikir kritis. Hal tersebut akan membawa dampak positif bagi hasil belajar siswa. Materi ini sangat relatif sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sekiranya menarik minat belajar siswa. Maka dari itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran jigsaw. Model jigsaw bertujuan untuk memotivasi atau mendorong siswa untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai materi dan memberi kesempatan siswa untuk berfikir atau bebas mengemukakan pendapat. Tujuan menulis artikel ini untuk mengetahui model jigsaw terhadap kemampuan menjelaskan antara gaya terhadap gerak benda pada siswa Sekolah Dasar. Namun hanya sampai tahap pembuatan perangkat yang mendukung yakni silabus, RPP dan handout

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model jigsaw, kemampuan menjelaskan, gaya gerak benda
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Opsila Lodia Opat
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:11
Last Modified: 24 Aug 2020 07:11
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item