Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale, Shoope PayLater terhadap Pembelian Impulsif Pada Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2019)

Wiyono, Syaiful Hadi and KUSUMANINGTYAS, DIAN and RAHARJO, ITOT BIAN (2023) Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale, Shoope PayLater terhadap Pembelian Impulsif Pada Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2019). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_19102020156.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_19102020156_0703108302_0718118401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (894kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_19102020156_0703108302_0718118401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_19102020156_0703108302_0718118401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_19102020156_0703108302_0718118401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_19102020156_0703108302_0718118401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_19102020156_0703108302_0718118401_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_19102020156_0703108302_0718118401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_19102020156_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangan adanya banyak mahasiswa pengguna Shopee dan melakukan pembelian secara impulsif tanpa mempertimbangkan hal tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara langsung maupun simultan variabel viral marketing, flash sale, dan Shopee paylater terhadap pembelian impulsif pada Shopee. Peneliti menggunakan metode penelitian berbasis pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2019. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana dalam pengambilan data hanya dilakukan bagi mahasiswa pengguna Shopee dan menggunakan fitur pembayaran Shopee paylater. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dan diolah menggunakan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif sebesar 12,4%, flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif sebesar 52,3%, sedangkan Shopee paylater tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Secara simultan viral marketing, flash sale, dan Shopee paylater berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif sebesar 56,3%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan kuatnya pengaruh viral marketing dan flash sale dalam mempengaruhi mahasiswa melakukan pembelian impulsif namun Shopee paylater tidak mempengaruhi mahasiswa dalam pembelian impulsif dikarenakan dalam bertransaksi menggunakan Shopee paylater ada risiko yang diambil seperti bunga dan denda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: viral marketing, flash sale, shopee paylater, pembelian impulsif
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Syaiful Hadi Wiyono
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:34
Last Modified: 04 Aug 2023 09:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item