PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK PERISTIWA ROTASI BUMI, PERISTIWA TERJADINYA GERHANA BULAN DAN MATAHARI

Surya, Ediyas Sukma Arnaldi and Hunaifi, Abdul Aziz and Wiguna, Frans Aditia (2020) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK PERISTIWA ROTASI BUMI, PERISTIWA TERJADINYA GERHANA BULAN DAN MATAHARI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full text)
RAMA_86206_16101100033_Full text.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Smilarty)
RAMA_86206_16101100033_00704078402_0719048206_Similarity.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB)
[img] Text (refrences)
RAMA_86206_16101100033_00704078402_0719048206_Revences.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (66kB)
[img] Text (lampiran)
RAMA_86206_16101100033_00704078402_0719048206.lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Augmented Reality pada aplikasi android dalam media pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar (SD) kelas VI agar siswa termotivasi dalam belajar dan lebih mudah untuk memahami materi yang dipelajari. Untuk itu dikembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) mata pelajaran IPA materi rotasi dan gerhana bulan, matahari untuk siswa kelas VI SD, sekaligus melihat kualitas media pembelajaran yang dihasilkan ditinjau dari aspek kevalidan media yang dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media augmanted reality untuk siswa kelas VI di sekolah dasar yang valid berdasarkan penilaian dari ahli, dalam hal ini ahli yang digunakan dalahh ahli media pembelajaran SD dan ahli materi pembelajaran IPA SD. Penelitan ini mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg and Gall, dengan beberapa tahapan yang disesuaikan dengan pengembangan media pembelajaran augmented reality. Adapun tahapan model tersebut di antaranya: (1) pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan; dan (4) validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil dari kevalidan ahli media pembelajaran secara kesluruhan mendapat hasil 82%, sedangkan pada validasi ahli materi pembelajaran IPA SD secara keseluruhan mendapatkan nilai 82% hasil dari ke validan dari ahli media dan ahli materi menghasilkan nilai rata-rata 82%. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran AR menunjukkan hasil sangat baik berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran IPA SD. Kata Kunci: pengembangan media augmanted reality

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan media augmanted reality
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Ediyas Sukma Surya
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:03
Last Modified: 24 Aug 2020 06:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item