STRATEGI PEMASARAN TOKO MBS SPORT DALAM MENJAGA PERSAINGAN BISNIS SEJENIS

Ariyanti, Virta and Soeprajitno, Edy Djoko and WIDODO, MOCH WAHYU (2023) STRATEGI PEMASARAN TOKO MBS SPORT DALAM MENJAGA PERSAINGAN BISNIS SEJENIS. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_61201_19102020189.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_19102020189_0715106203_0721088505_02.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_19102020189_0715106203_0721088505_03.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_19102020189_0715106203_0721088505_04.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_19102020189_0715106203_0721088505_05.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_19102020189_0715106203_0721088505_06_Ref.pdf.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (221kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_19102020189_0715106203_0721088505_07_Lamp.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_19102020189_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_19102020189_0715106203_0721088505_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya persaingan usaha yang sangat ketat pada bidang olahraga. Oleh karena itu, pelaku usaha memerlukan strategi yang tepat agar mampu mempertahankan dan menghadapi persaingan bisnis sejenis. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis strategi bauran pemasaran dan analisis SWOT. Strategi bauran pemasaran terdiri atas indikator produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Sedangkan analisis SWOT terdiri atas elemen kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis dan untuk mengetahui analisis SWOT strategi pemasaran toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam melakukan pemilihan informan peneliti menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data induktif yaitu proses menganalisa yang berangkat dari fakta-fakta khusus mengenai strategi bauran pemasaran dan analisis SWOT kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Kesimpulan hasil penelitian yang diterapkan toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis menggunakan strategi bauran pemasaran yaitu dengan memberikan produk yang berkualitas, memberikan harga yang terjangkau, memberikan akses yang mudah dilalui atau mudah dijangkau, efektif dalam mempromosikan produknya, memberikan pelayanan dengan optimal, mengembangkan kualitas produknya agar mampu bersaing dengan pesaing lainnya, dan memberikan fasilitas yang terbaik agar mampu bersaing dengan pesaing lainnya. Dan analisis SWOT strategi pemasaran toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis yang meliputi kekuatan meliputi lokasi yang strategis, bisa refund jika ada cacat produk, menjual 100% produk baru, menerima pengantaran barang, terdapat jasa jersey printing, harga murah, dan kualitas produk bagus. Kelemahan berupa modal terbatas, kekurangan tenaga, lahan parkir sempit, transaksi pembayaran hanya tunai, dan ruangan kurang luas. Peluang meliputi lokasi tengah kota dekat dengan lingkungan sekolah, perkembangan cabang olahraga, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga. Dan ancaman dengan adanya pesaing baru yang agresif, online shop, dan pesaing lama yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Strategi SWOT, Persaingan Bisnis Sejenis
Subjects: 550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Virta Ariyanti
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:58
Last Modified: 09 Aug 2023 08:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9809

Actions (login required)

View Item View Item