M. Dwi Nur Agung Misbah Fanani, AGUNG and RENDHITYA, PRIMA and ABDIAN ASGI SUKMANA, ASGI (2023) HUBUNGAN MASSAGE DENGAN TEKNIK AKUPRESUR DALAM PERKEMBANGAN ANAK KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY) PADA USIA 3-4 TAHUN TK PLUS AL IMAN JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_85201_19101090140.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_19101090140_0714078903_0720028002_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (455kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_85201_19101090140_0714078903_0720028002_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_85201_19101090140_0714078903_0720028002_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_85201_19101090140_0714078903_0720028002_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_85201_19101090140_0714078903_0720028002_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_85201_19101090140_0714078903_0720028002_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_85201_19101090140_0714078903_0720028002_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_85201_19101090140_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (158kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara metode massage dan teknik akupresur terhadap perkembangan anak yang mengalami keterlambatan bicara pada usia 3-4 tahun di TK Plus Al Iman Jombang. Keterlambatan bicara merupakan masalah yang umum dialami oleh anak-anak pada usia pra-sekolah, dan berpotensi mempengaruhi kemampuan komunikasi dan perkembangan sosial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari sepuluh anak usia 3-4 tahun yang mengalami keterlambatan bicara, dan mereka diberikan dua jenis intervensi, yaitu sesi massage dan sesi teknik akupresur. Pengamatan dilakukan selama periode dua bulan dengan menganalisis perkembangan bicara anak sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode, yaitu massage dan teknik akupresur, memberikan dampak positif terhadap perkembangan bicara anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berbicara dan ekspresi bahasa setelah intervensi. Selain itu, pengamatan juga mengungkapkan perbedaan kecil dalam efektivitas antara kedua metode tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode massage dan teknik akupresur dapat dijadikan sebagai pilihan intervensi yang efektif dalam membantu anak-anak dengan keterlambatan bicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | speech delay, akupresur, massage |
Subjects: | 260 Medical science > 279 Physical medicine and rehabilitation 340 Health sciences > 378 Physiotherapy 340 Health sciences > 383 Acupuncture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | M. Dwi Nur Agung Misbah Fanani |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 04:06 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 04:06 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9732 |
Actions (login required)
View Item |