PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGGAH KEJURUAN (SMK)

NINGRUM, WEGA TAMARA and HANDAYANI, APRILIA DWI and NURFAHRUDIANTO, AAN (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGGAH KEJURUAN (SMK). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_18101050008.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_18101050008_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_18101050008_0721048402_0724077901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (330kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_18101050008_0721048402_0724077901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_18101050008_0721048402_0724077901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_18101050008_0721048402_0724077901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_18101050008_0721048402_0724077901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_18101050008_0721048402_0724077901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (299kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_18101050008_0721048402_0724077901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran matematika kelas X di SMK masih ada siswa yang belum paham akan materi komposisi dan invers Fungsi karena siswa belum paham dengan kata bahasa matematika yang berakibat siswa mudah terkecoh dengan soal. Tujuan penelitian ini bagaimana mengembangkan e-modul pembelajaran komposisi dan invers fungsi berbasis e-modul elektronik untuk siswa SMK kelas X. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan lembar observasi wawancara terhadap pengajar mata pelajaran, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket respon siswa terhadap e-modul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul pada mata pelajaran matematika yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 2 Kediri Jurusan Akuntansi dan Lembaga (AKL) dan Tata Boga (TB). Obyek penelitian adalah E-modul Pembelajaran Matematika Materi Komposisi dan Invers Fungsi Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tahap penelitian meliputi (1) Pencarian dan pengumpulan data (Research and information collecting) (2) Perencanaan (Planning) (3) Mengembangkan bentuk produk awal (Develop preliminary form of product) (4) Uji coba lapangan awal (Preliminary field testing) (5) Revisi hasil uji coba lapangan awal (Main product revision) (6) Uji coba lapangan utama (Main field testing) (7) Revisi produk operasional (Operasional product revision) (8) Uji coba lapangan operasional (Operasional field testing) (9) Penyempurnaan produk akhir (Final product revision) (10) Desimasi dan implementasi produk akhir (Diseminasi dan implementasi). Hasil penelitian ini adalah Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Materi Komposisi dan Invers Fungsi Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan persentase kelayakan (1) Penilaian dari ahli Media 82,42% (2) Penilaian dari ahli Materi 96,36% (3) Terdapat perbedaan antara uji lapangan awal dengan rata-rata setiap siswa 86,67%, uji lapangan terbatas 85,50% dan uji lapangan luas 87,21%, Sehingga mendapat rata-rata total 86,86%. Kesimpulan: Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Materi Komposisi dan Invers Fungsi Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul, matematika kelas X, komposisi dan invers Fungsi, komposisi, invers Fungsi.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
660 Art, design and media > 709 Product design
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs wega Ningrum
Last Modified: 17 Aug 2023 02:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9671

Actions (login required)

View Item View Item