INTERAKSI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN VARIASI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA STUDI PADA SISWA SMAN PLOSOKLATEN DAN SMAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI

NURSALIM, NURSALIM (2012) INTERAKSI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN VARIASI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA STUDI PADA SISWA SMAN PLOSOKLATEN DAN SMAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI. Efektor.

[img] Text
JURNAL 2012, INTERAKSI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN VARIASI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA STUDI PADA SISWA SMAN PLOSOKLATEN DAN SMAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI.pdf

Download (189kB)

Abstract

Abstrak Rumusan masalah yang diteliti sebagai berikut: 1) Apakah pembelajaran dengan menerapkan strategi kooperatif dan pembelajaran dengan strategi klasikal menunjukkan adanya perbedaan pada hasil belajar siswa?. 2) Apakah pembelajaran dengan hanya menggunakan buku teks sebagai sumber belajar dan pembelajaran dengan variasi sumber belajar menunjukkan adanya perbedaan pada hasil belajar siswa?. 3) Apakah terdapat interaksi antara penerapan strategi pembelajaran dan penggunaan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa?. Sedangkan rumusan hipotesis Penelitiannya (ha) adalah: 1) Pembelajaran dengan menerapkan strategi kooperatif dan pembelajaran dengan strategi kiasikal menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa. 2) Pembelajaran dengan hanya menggunakan buku teks sebagai sumber belajar dan pembelajaran dengan variasi sumber belajar menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa. 3) Terdapat interaksi antara penerapan strategi pembelajaran dan penggunaan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di 2 sekolah, yaitu SMAN Plosoklaten dan SMAN Puncu, Kabupaten Kediri. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas XI sebanyak 8 kelas. Sedangkan sampel ditetapkan secara random sebanyak 4 kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2 x 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis varians 2-jalur. Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran dengan menerapkan strategi kooperatif dan pembelajaran dengan strategi klasikal menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa. 2) Pembelajaran dengan hanya menggunakan buku teks sebagai sumber belajar dan pembelajaran dengan variasi sumber belajar menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa. 3) Terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran dan penggunaan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran koperatif, variasi sumber belajar, hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Nursalim Nursalim
Date Deposited: 15 May 2023 06:27
Last Modified: 15 May 2023 06:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9514

Actions (login required)

View Item View Item