Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran TIM, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif

PITOYO, ANDRI (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran TIM, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan PROBLEMATIC, 1 (1). ISSN 2442-2533

[img] Text (Sampul, Redaksi, Daftar Isi, dan Artikel)
Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim Bermain Peran Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Kognitif001.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Uji plagiasi)
Uji plagiasi Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (I) menemukan perbedaan keterampilan menulis kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran, (2) menemukan perbedaan keterampilan menulis kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence dan field independence, dan (3) menemukan interaksi penggunaan tiga jenis model pembelajaran kooperatif dan gaya kognitif dalam memengaruhi keterampilan menulis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan disain faktorial 3x2. Manipulasi dilakukan pada variabel model pembelajaran. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan kbusus, masing-masing model pembelajaran kooperatif jenis investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran. Kelompok eksperimen dibedakan alas siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence dan field independence. Populasi adalah siswa kelas V SD Kab. Kediri tahun 2012/2013, sedangkan sampel adalah siswa kelas V pada 12 SD di tiga Kecamatan di Kab. Kediri, yaitu empat SD di Kec. Kandat, empat SD di Kec. Ngadiluwih, empat SD di Kec. Badas, yang seluruhnya berjumlah 368 siswa yang diambil dengan teknik multi stage area random sampling. Data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes keterampilan menulis, jenis gaya kognitif ditentukan dengan tes gaya kognitif. Data yang terkumpul disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan dianalisis dengan teknik analisis variansi dua jalan. Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif jenis Investigasi Kelompok lebih baik dari pada kelompok siswa yang belajar dengan jenis Percepatan Pembelajaran Tim ataupun Bermain Peran, sedangkan keterampilan menulis kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif jenis Percepatan Pembelajaran Tim dan Bermain Peran sama baiknya. Keterampilan menulis kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independence lebih baik dari pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence. Terdapat interaksi antara jenis model pembelajaran kooperatif dan gaya kognitif dalam mempengaruhi keterampilan menulis. Interaksi tersebut ditunjukkan dengan kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independence, penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis investigasi kelompok lebih baik dibandingkan dengan jenis Percepatan Pembelajaran Tim atau pun jenis Bermain Peran, sedangkan Percepatan Pembelajaran Tim sama baiknya dengan jenis Bermain Peran. Pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence ketiga jenis model pembelajaran kooperatif itu sama baiknya.

Item Type: Article
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Andri Pitoyo
Date Deposited: 12 Apr 2023 05:40
Last Modified: 19 Apr 2023 15:31
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item