Media Film Animasi dalam Pembelajaran Daring Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri

Ningsih, Tyas Bekti Cahya and PITOYO, ANDRI (2021) Media Film Animasi dalam Pembelajaran Daring Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5 (1). pp. 41-47. ISSN 2722-1490

[img]
Preview
Image (Sampul)
cover_issue_262_en_US.jpg

Download (340kB) | Preview
[img] Text (Editorial)
Editorial.pdf

Download (647kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Artikel)
17630-Article Text-27391-1-10-20220224.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Uji plagiasi)
4. Cek Media Film Animasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.3. Peer_Review_Media Film Animasi dalam Pembelajaran Daring.pdf

Download (58kB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/bind/article...

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan media film ani-masiterhadap pembelajaran teks eksposisi. Pendekatan kuantitatif dengan strategi penelitian eksperimen dan survey yang memerlukan data statistik yang dipakai didalam penelitian ini. Teknik penelitian yang dipakai dipenelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan bentuk design eksperimen yaitu quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa ke-las X SMAN 6 Kediri yang berjumlah 432 siswa, sedangkan sampel diambil dari 15% dari jumlah populasi yaitu 66 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa kelas X IPS 3 dan kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa kelas X IPS 5. Teknik analisis datanya yaitu analisis deskriptif serta statistik inferensial. Uji t atau t-tes digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini. Berdasarkan penghitungan t-tes atau t hitung hasilnya adalah 3,265≥t tabel 2,392 pada taraf signifikan 1%,maka t hitung lebih besar dari t tabel sehingga signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi dalam pembelajaran daring siswa kelas X SMAN 6 Kediri tahun pelajaran 2020-2021.Kata Kunci:pembelajaran menulis, keterampilan menulis teks eksposisi, media film animasi.

Item Type: Article
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Andri Pitoyo
Date Deposited: 11 Apr 2023 11:23
Last Modified: 13 Jun 2023 02:37
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item