Pengembangan Media Pembelajaran PEBI (Panggung Ekosistem Budaya Indonesia) Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar

Ilmatun Nafi’ah,, Zidni and Primasatya, Nurita and Ibnu Zaman, Wahid (2022) Pengembangan Media Pembelajaran PEBI (Panggung Ekosistem Budaya Indonesia) Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (2). pp. 358-370. ISSN E-ISSN: 2714-7711

[img] Text (Artikel)
Pengembangan Media Pembelajaran PEBI (Panggung Ekosistem.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (501kB)
[img] Text (Artikel)
Pengembangan Media Pembelajaran PEBI (Panggung Ekosistem Budaya Indonesia) Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/...

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yaitu guru tidak pernah menggunakan media dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik, guru hanya mengacu pada buku guru dan buku siswa saja. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran tematik mengahruskan guru untuk menggunakan media yang relevan dan konkret. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran PEBI subtema hubungan makhluk hidup dalam ekosistem kelas V sebagai media di sekolah dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Reasearch and Development (R&D) dengan model ADDIE. Dalam ADDIE terdapat beberapa tahapan yang meliputi Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini adalah media yang dikembangkan adalah sangat valid dengan presentase skor 84%. Sedangkan untuk validasi materi dengan memperoleh presentase skor 82%. Media PEBI dinyatakan “sangat efektif” dengan dilakukan uji coba dan menunjukkan nilai rata-rata 91 sehingga siswa memperoleh nilai ≥ KKM 75 dengan ketuntasan belajar klasikal 94%. Media PEBI dinyatakan sangat praktis diperoleh dari angket respon guru dan siswa dengan presentase skor 94%. Jadi media PEBI valid, efektif, dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Wahid Ibnu Zaman
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:17
Last Modified: 30 Mar 2023 05:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item View Item