Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Animate untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V

Apriliya Dwi Wulandari, Kriska and Primasatya, Nurita and Ibnu Zaman, Wahid (2021) Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Animate untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3). pp. 9963-9972. ISSN ISSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online)

[img] Text (Artikel)
Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Animate untuk.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (677kB)
[img] Text (Artikel)
Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Animate untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/256...

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia interaktif dengan aplikasi Adobe Animate cc2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang untuk siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini didasarkan pada hasil uji validasi : (1) ahli media yang menyatakan media sangat valid dengan skor 98%; (2) ahli materi Matematika yang menyatakan sangat valid dengan skor 96%; dan (3) guru kelas yang menyatakan sangat praktis dengan skor 98%. Adapun pada tahap uji coba terbatas diperoleh nilai rata-rata 83 (sangat baik), sedangkan uji coba luas diperoleh nilai rata-rata 91 (sangat baik) sehingga penggunaan multimedia interaktif lebih dari nilai 75 yang artinya sudah memenuhi KKM maka media multimedia interaktif dinyatakan efektif.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Wahid Ibnu Zaman
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:06
Last Modified: 30 Mar 2023 05:06
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9362

Actions (login required)

View Item View Item