LEARNING TRAJECTROY DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI BERFIKIR MATEMATIKA

Ibnu Zaman, Wahid and Aziz Hunaifi, Abdul (2017) LEARNING TRAJECTROY DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI BERFIKIR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE),, 3 (2). pp. 34-41. ISSN e-ISSN 2541-4070 p-ISSN 2477-829x

[img] Text (Artikel)
LEARNING TRAJECTROY DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI BERFIKIR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (593kB)
[img] Text (uji plagiasi)
uji plagiasi LEARNING TRAJECTROY DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI BERFIKIR MATEMATIKA.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/articl...

Abstract

ABSTRAK Salah satu tujuan pembelajaran adalah mengembangkan kompetensi peserta didik. Dalam matematika, kompetensi mengandung dua aspek: aspek material dan aspek formal. Aspek material menggambarkan penguasaan konsep dan ketrampilan menghitung, sedangkan aspek formal menggambarkan pengembangan nalar peserta didik. Learning trajectory memberikan sebuah fasilitas kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi berfikir matematika, karena merupakan lintasan yang berjenjang dan harus dilalui agar dapat menguasai atau melangkah pada jenjang berikutnya. Learning trajectory memberikan suatu rencana atau pola yang akan digunakan sebagai acuan untuk membuat rancangan pembelajaran pada setiap proses pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan menggunakan learning trajectory diharapkan kompetensi berfikir matematika bagi peserta didik berkembang dan tidak terjadi kesalahan pemahaman konsep. pembelajaran bilangan bulat di sekolah pada umumnya lebih mengedepankan hapalan dan penerapan rumus dan cara berhitung. Peserta didik jarang diajak kegiatan untuk memahami makna bilangan. Akibatnya banyak peserta didik yang hanya mengingat aturan dan rumus tanpa mengetahui alasannya. learning trajectory memberikan solusi untuk dapat meningkatkan kompetensi berfikir peserta didik pada materi bilanga bulat.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Wahid Ibnu Zaman
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:23
Last Modified: 27 Sep 2023 10:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item View Item