Implementasi Tahapan APOS pada Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks

Febrinita, Filda and Dwi Puspitasari, Wahyu and Ibnu Zaman, Wahid (2022) Implementasi Tahapan APOS pada Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Jurnal Tadris Matematika, 5 (2). .169-186. ISSN ISSN (Print): 2621-3990 || ISSN (Online): 2621-4008

[img] Text (Artikel)
Implementasi Tahapan APOS pada Analisis Kemampuan Pemahaman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (497kB)
[img] Text (plagiarisme)
plagiasi_Implementasi Tahapan APOS pada Analisis Kemampuasn Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
Official URL: https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/jtm/artic...

Abstract

ABSTRAK Perubahan proses pembelajaran pada masa pandemi berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Sebanyak 68% mahasiswa mendapatkan nilai di bawah 75 pada matakuliah matematika komputasi. Hasil ini tidak sebanding dengan hasil belajar ketika pembelajaran berlangsung offline. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa kesulitan memahami materi ketika pembelajaran dilakukan secara online. Untuk itu, dilakukan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam menyelesaikan soal matriks menggunakan tahapan APOS. Subjek penelitian adalah 3 mahasiswa program studi Teknik Informatika yang telah menempuh matakuliah matematika komputasi dan mendapatkan materi matriks, berada pada kategori mahasiswa dengan pemahaman konsep rendah, sedang, dan tinggi, serta mampu mengkomunikaskan pemikirannya secara lisan dan tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan pemahaman konsep rendah mampu menyelesaikan soal matriks sampai pada tahap objek dan melakukan kesalahan perhitungan. Mahasiswa dengan pemahaman konsep sedang mampu menyelesaikan soal matriks hingga tahap skema namun kurang teliti dalam melakukan perhitungan. Sementara mahasiswa dengan pemahaman konsep tinggi mampu menyelesaikan soal matriks hingga pada tahap skema, menentukan jawaban dengan tepat, membuat kesimpulan, serta merefleksi penyelesaian soal yang diperoleh.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Wahid Ibnu Zaman
Date Deposited: 26 Mar 2023 09:52
Last Modified: 26 Mar 2023 09:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item