PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME

TRI RAHAYU, FARISKA and WIDIATMOKO, SIGIT and BUDIANTO, AGUS (2020) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (FULL TEXT)
RAMA_86206_13101100071.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (SIMILIARITY)
RAMA_86206_13101100071_SIMILIARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (726kB)
[img] Text (COVER SD BAB 1 + REFERENCES)
RAMA_86206_13101100071_0717076301_022086508_01_FRONT_REF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (728kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_13101100071_0717076301_022086508_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_13101100071_0717076301_022086508_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_13101100071_0717076301_022086508_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_13101100071_0717076301_022086508_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (REFERENCES)
RAMA_86206_13101100071_0717076301_022086508_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
RAMA_86206_13101100071_0717076301_022086508_07_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (972kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa dalam proses pembelajaran IPS materi mengidentifikasi pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah masih rendah. Hasil ulangan harian rata-rata mendapat nilai 60 (<KKM), Hampir 60% mencapai nilai di bawah KKM (75) dan hanya 40% saja yang mencapai nilai di atas KKM (75). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengaruh model Think Pair And Sharedidukung media audio-visual berpengaruh terhadap kemampuanmengidentifikasi pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah pada siswa Kelas III SDN 2 Pogalan KecamatanPogalan Kabupaten Trenggalek. (2) Mendeskripsikan pengaruh model Think Pair And Share tanpa didukung media audio-visual berpengaruh terhadap kemampuanmengidentifikasi pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah pada siswa Kelas III SDN 2 Pogalan KecamatanPogalan Kabupaten Trenggalek. (3) Mendeskripsikan perbedaan pengaruh antara menggunakan model Think Pair And Sharedidukung media audio-visual dibanding dengan model Think Pair And Share tanpa didukung media audio-visual terhadap kemampuanmengidentifikasi pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah pada siswa Kelas III SDN 2 Pogalan KecamatanPogalan Kabupaten Trenggalek. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimental diadaptasi dari Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A sebanyak 25 siswa dan kelas III B sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh dalam model pembelajaran Think Pair and Share didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah pada siswa kelas III SDN 2 Pogalan Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018, dengan rata-rata sebesar 88,48. (2) Ada pengaruh dalam model pembelajaran Think Pair and Share tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah pada siswa kelas III SDN 2 Pogalan Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018, dengan nilai rata-rata sebesar 72,96. (3) Ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share didukung media audio visual dibanding dengan model pembelajaran Think Pair and Share tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah pada siswa kelas III SDN 2 Pogalan Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018, hal ini dibuktikan dari hasil analisis data melalui perhitungan uji-t Independent Sample T-test diperoleh nilai thitung> ttabel(dengan taraf signifikan 5% atau 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think Pair And Share, Media Audio-Visual, Mengidentifikasi Pemeliharaan Lingkungan Alam Dan Buatan di sekitar Rumah
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Fariska Tri Rahayu
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:22
Last Modified: 24 Aug 2020 07:22
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item